Visi-Misi YPMAK akan Rampung Dalam 2 Pekan Mendatang

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksanaan penyusunan Visi-Misi YPMAK (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Direktur Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Vebian Magal mengungkapkan, visi dan misi YPMAK akan rampung pada 2 pekan mendatang.

Kepada wartawan, Vebian mengapresiasi para pimpinan lembaga adat, Lembaga mitra, PTFI serta semua tokoh yang terlibat dalam penyusunan visi dan misi YPMAK tersebut.

"Visi-Misi (YPMAK) yang telah disusun akan rampung dalam waktu dua minggu," ungkap Vebian, Rabu (24/3/2021).

Perumusan visi dan misi yang telah dirancang selanjutnya akan disempurnakan oleh pihak Konsultan, yang kemudian akan diserahkan lagi kepada pembina YPMAK.

Menurut dia, dengan kebersamaan dalam menyusun visi dan misi YPMAK, akan melahirkan visi dan misi yang baik untuk membangun Orang Asli Papua, dalam hal ini 2 suku besar serta 5 kerabat dan lainnya.

"Satu tahun berjalan berdasarkan komitmen yang dituangkan dalam tujuan yang diterjemahkan anggaran dasar dan aturan rumah tangga (AD/ART) YPMAK berjalan tanpa visi dan misi, sehingga kita berharap visi dan misi yang sementara dibentuk ini kita bisa berjalan untuk kesejahteraan masyarakat orang asli Papua," ujarnya.

Namun begitu, kata Vebian, program pelayanan dasar yakni kesehatan, pendidikan dan ekonomi tetap berjalan dan tidak terabaikan.

"Beberapa layanan dasar pada daerah terpencil dan rawan keamanan memang kita tidak layani. Kita juga tidak bisa bergerak banyak karena adanya pandemi covid-19. Jangan sampai pergerakan kita membawa masalah baru bagi masyarakat yang ada di daerah pedalaman yakni tertular," katanya.

Sementara terhadap ekonomi, ia mengaku, semenjak berubahnya LPMAK menjadi YPMAK, pengaturannya juga berbeda, dimana dulunya program Ekonomi diatur oleh masing-masing biro suku, namun sekarang semua melalui satu divisi yakni divisi ekonomi.

"Dan ini perlunya edukasi dan sosialisasi yang baik kepada masyarakat sehingga betul dipahami secara baik kepada masyarakat," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar