Asrama Mahasiswa dari Mimika di Luar Daerah Perlu Rehabilitasi

Bagikan Bagikan
Kabag SDM Setda Mimika, Marthinus Nuboba (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Mimika, Marthinus Nuboba mengungkapkan, beberapa asrama mahasiswa asal Mimika di luar daerah, seperti di Bandung, Manado dan Jayapura, perlu direhabilitasi lantaran kondisi asrama sekarang sudah tidak layak digunakan.

Hal itu diketahui ketika tim melakukan monitoring ke beberapa asrama mahasiswa tersebut.

"Asrama Mahasiswa asal Mimika di Bandung perlu direhabilitasi, dimana asrama yang dibangun pada 1998 tersebut ternyata sepenuhnya tidak digunakan oleh anak suku Amungme dan Kamoro tetapi mahasiswa dari Kabupaten tetangga," ungkap Marthinus ketika ditemui di Puspem Mimika, Kamis (8/4/2021).

Dia menerangkan, kondisi asrama yang diresmikan secara langsung oleh Bupati pertama Kabupaten Mimika, Dr. Oktavianus Titus Potereyauw tersebut sudah tidak layak sehingga perlu dilakukan perbaikan.

"Akibatnya, kini banyak Mahasiswa Mimika beralih ke kontrakan karena asrama tersebut tidak layak lagi untuk dihuni. Kita akan rehab bangunnya, kita juga akan tingkatkan lagi terkait pengelolaannya," ungkapnya.

Selain masalah gedung yang tidak layak huni, Marthinus juga mengungkapkan, dari laporan timnya, dana konsumsi bagi mahasiswa juga telah habis mulai 3 April 2021 lalu.

"Sedangkan asrama putra dan putri di Manado juga perlu rehabilitasi. Disana asrama Putri yang sudah dibangun belum ditempati oleh mahasiswi, tetapi bangunan itu sudah rusak juga dan harus diperbaiki.  Selain itu asrama mahasiswa Mimika di Jayapura pun butuh rehabilitasi," tambah Marthinus.

Namun begitu, rencana rehabilitasi baru akan diusulkan sebab membutuhkan anggaran yang besar. Dia juga belum memastikan kondisi asrama mahasiswa Mimika di daerah lain selain Bandung, Manado dan Jayapura.

"Selama ini mahasiswa berjalan tanpa pengawasan, mereka bebas. Kita akan usahakan agar semua asrama mahasiswa Mimika wajib memiliki pembina atau pengawas," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar