Bupati Mimika Larang Galian C Tapi Ternyata Masih Beroperasi Hingga Sekarang

Bagikan Bagikan
Ilustrasi aktivitas di galian C (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kegiatan penambangan galian C di lokasi Sp2, tepatnya belakang Kantor Disperindag dan Jembatan Selamat Datang Sp2 yang sempat ditutup ternyata masih beroperasi hingga sekarang.

Kepala Dinas Satpol-PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais mengungkapkan, aktivitas galian C sudah pernah ditutup, namun masih ada yang sengaja untuk membuka dan mengambil pasir di sana, bahkan pihaknya telah melakukan teguran, namun teguran tersebut tidak pernah diindahkan.

"Kita sudah tutup tapi ada yang sengaja untuk buka kembali. Saya sudah perintahkan anggota untuk jaga di lapangan. Ada 3 titik yang paling bandel, dua titik di belakang kantor Disperindag dan satu titik di jembatan Selamat Datang," ujarnya pada Selasa (13/4/2021).

Kepada wartawan, Paulus mengaku di lokasi galian C masih ada alat berat.

"Kita sudah minta untuk segera pindahkan alat berat, kalau tidak mau, berarti kita akan paksa karena sudah diperintahkan oleh Bupati," ujarnya.

Perintah Bupati Mimika tesebut tertuang dalam Instruksi Bupati Mimika Nomor 5 tahun 2021 tentang Larangan Melakukan Penggalian Material Mineral Bukan Logam dan Batuan (Galian C) di Kabupaten Mimika.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 15 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Mimika menetapkan kawasan peruntukan pertambangan terdapat di Sungai lwaka.

Maka dengan itu semua pengusaha atau masyarakat, dilarang melakukan penggalian atas material Mineral Bukan Logam dan Batuan (Galian C) di areal atau kawasan yang tidak diperuntukan untuk melakukan kegiatan penggalian C, Penggalian Mineral Bukan Logam dan Batuan (Galian C) hanya dilakukan di Kali Iwaka.

Jika tidak mentaati ketentuan sebagaimana dimaksud, akan dikenakan sanksi berupa Pencabutan Izin Usaha, Penyitaan alat-alat yang digunakan untuk melakukan penggalian, dan sanksi lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar