Di Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika Akan Dibangun Tugu PON

Bagikan Bagikan
Pekerjaan jalan di terminal bandara baru Mozes Kilangin Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan bahwa di wilayah luar terminal bandara baru Mozes Kilangin akan dibangun tugu PON.

“Sekarang yang sementara dikerjakan adalah jalan akses masuk ke Bandara sesuai design-nya. Di sini juga akan dibangun tugu PON,” kata Wabup John saat ditemui di wilayah terminal bandara baru, Senin (26/4/2021).

Dijelaskan, tugu PON menggunakan anggaran dari pemerintah Provinsi, sehingga ia pun tidak mengetahui besaran anggarannya.

Selain hal itu, ia menuturkan, pembangunan sisi selatan terminal baru bandara ini dibagi, dimana untuk darat menjadi tanggungjawab pemerintah daerah dan sisi udara tanggungjawab Kementerian Perhubungan.

Saat ini, untuk akses jalan masuk yang menjadi tanggungjawab Pemda sistem kerjanya keroyok oleh Dinas PUPR dan terminalnya dibangun oleh Dinas Perhubungan. Ada dua terminal yang harus dibangun yang menjadi tanggungjawab Dinas Perhubungan Mimika dan tanggungan APBN.

Secara keseluruhan yang menjadi tanggungjawab Pemda Mimika sampai saat ini baru mencapai 50 persen, tetapi jika dilihat berdasarkan itemnya masing-masing khusus untuk pembangunan jalan kurang lebih telah mencapai 70 persen, tempat parkir mencapai 50 persen dan terminal mencapai 40 persen.

“Saya tidak tahu persis anggaran keseluruhan untuk item yang menjadi tanggungjawab Pemda, karena untuk  pembangunan terminal dan tempat parkir ini dalam bentuk multiyears. Kalaupun kita kerjanya pertahap, tapi targetnya tetap selesai sebelum pelaksanaan PON,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar