Dishub Mimika Razia Kendaraan yang Tidak Uji KIR

Bagikan Bagikan
Mikael Orun (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika merazia pemilik kendaraan yang tidak melakukan uji KIR atau uji berkala.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pemilik angkutan untuk menguji Surat KIR.

“Baru-baru ini kami melakukan razia dan ditemukan 50 unit kendaraan yang surat KIRnya sudah mati. Jadi setelah lebaran kami akan melanjutkan razia,” ujar Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR), Dishub Kabupaten Mimika, Mikael Orun saat ditemui Salam Papua di Timika, Selasa (27/4/2021).

Dikatakan pemilik 50 unit kendaraan itu sudah diarahkan ke pengujian kendaraan bermotor untuk melakukan KIR, karena setiap enam bulan kendaraan wajib KIR.

“Karena ini adalah bagian dari keselamatan, keamanan dan kenyamanan mereka,” jelas Mikael.

Dia menambahkan, KIR merupakan kumpulan rangkaian kegiatan untuk melakukan uji kendaraan bermotor, sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya.

Setiap kendaraan niaga harus melakukan Uji KIR atau Uji Berkala.

Uji KIR ini wajib hukumnya untuk mobil berpenumpang umum, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.

“Aturan di atas adalah sebagaimana yang tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 53 ayat 1,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar