DPC Gradasi Mimika Dilantik dan Dikukuhkan, Wabup John: Dampingi Program Digitalisasi di Masyarakat

Bagikan Bagikan

Proses pengukuhan oleh Wabup Mimika sekaligus Ketua Dewan Pembina DPC Gradasi Kab. Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kabupaten Mimika dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gradasi, Muhammad Sidik K Tomsio,SH mewakili DPD Gradasi Papua dan dikukuhkan oleh Wakil Bupati Mimika yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina DPC Gradasi Kabupaten Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM di Hotel Grand Tembaga Timika, Papua, Kamis (22/4/2021).

Acara pelantikan dan pengukuhan tersebut dirangkaikan pada kegiatan pendampingan dan pemberdayaan pandu digital Indonesia dalam transformasi digital di masyarakat.

Ada pun pengurus DPC Gradasi Mimika yang dilantik yakni, Jimmy Rungkat,M.Div,M.Th sebagai ketua, Amando C. Renwarin,A.Md.T sebagai wakil ketua, Supriyanto,M.Pd sebagai Sekretaris, Theresia Yunie Puspita,S.Psi,MM sebagai bendahara serta Nely Salu Padang,M.Pd, Abdurrauf Abdul Karim,M.Pd dan A. Rasul,M.Pd sebagai Anggota. DPC ini ditetapkan berdasarkan SK DPD Gradasi Papua pada tanggal 9 April 2021.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga penganugerahan pandu kehormatan dan penyerahan plakat dari Kemenkominfo RI kepada Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM yang diwakili oleh Ketua Umum DPP Gradasi, Muhammad Sidik K Tomsio,SH.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika ditandai dengan pemukulan tifa ini,  disertai juga dengan workshop pelatihan digital enterpreneuship bagi mahasiswa dari 5 perguruan tinggi swasta (PTS) di Timika yang hadir pada kesempatan tersebut.

Ketua DPP Gradasi, Muhammad Sidik K Tomsio,SH dalam sambutannya mengapresiasi langkah Pemkab Mimika menjemput momentum ini sebagai bagian dari upaya pemerintah pusat dan daerah melibatkan masyarakat dalam transformasi digital.

Ia berharap kehadiran Gradasi di Mimika bisa membantu dalam percepatan transformasi digital sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika untuk mewujudkan Mimika sebagai smart city.

“Sebelum kita menuju ke smart city ada proses-proses dasar yang harus kita lakukan bagaimana Gradasi hadir memberikan edukasi kepada masyarakat. Di sana ada stakeholder terkait, ada kalangan swasta, ada kalangan akademisi, masyarakat dan mahasiswa. Di sini Gradasi hadir untuk memfasilatasi hal tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan Gradasi merupakan sebuah organisasi nasional yang berdiri di Yogyakarta pada Juli 2008 dan saat ini sudah ada di 30 provinsi di seluruh Indonesia.

Gradasi, mendapat amanah untuk mengawal lahirnya generasi digital melalui berbagai cara kreatif dan inovatif, di antaranya berkolaborasi dengan kementerian Kominfo dalam pembentukan dan pemberdayaan pandu digital sebagai relawan pendamping transformasi digital di masyarakat.

“Gradasi sudah menjadi mitra di tingkat nasional. Kami sudah menjadi mitra strategis di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kami diberikan amanah melakukan kegiatan pendampingan digitalisasi di beberapa provinsi. Kami juga menjadi mitra strategis Kemenkominfo dalam percepatan digital,” tuturnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari PT. Freeport Indonesia (PTFI) yang diwakili oleh Manager External Affairs PTFI, Kerry Yarangga. Dalam sambutannya Kerry mengatakan, lompatan generasi begitu cepat sehingga harus siap menghadapi perkembangan digitalisasi ini.

“Jadi sebagai perwakilan dari PT Freeport Indonesia saya ingin sampaikan bahwa kita harus siapkan generasi untuk siap dalam lompatan-lompatan digital ini untuk kemudian masuk dalam dunia kerja,” pesannya.

Mewakili pimpinan PTS di Timika yang turut hadir mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut, Direktur Politeknik Amamapare Timika, Herman Dumatubun,ST,MT berharap melalui program-program Gradasi bisa sinkron dengan program-program Tri-Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan Gradasi bisa mendukung kami dalam hal implementasi pengabdian kepada masyarakat bisa lebih maksimal. Saya harap PTS-PTS di Kabupaten Mimika ini kita sama-sama bekerjasama dengan Gradasi membantu pemerintah daerah menyukseskan program-program yang berkaitan dengan smart city,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator pandu Digital Indonesia Kemenkominfo, Bambang Tri Santoso yang Hadir secara virtual menyampaikan program-program Kementerian Kominfo yang siap mendukung program Pemerintah Daerah khususnya transformasi digital.

“Berharap akan ada ribuan pandu digital terdiri dari generasi muda Timika, Papua, untuk mendampingi masyarakat dalam pemberdayaan berbagai bidang seperti pendidikan, UMKM, pariwisata, perikanan dan pertanian,” tandasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM dalam arahannya yang penuh semangat dan disambut antusias oleh peserta kegiatan, berharap Gradasi bisa membantu Pemkab Mimika dalam pelayanan digitalisasi kepada masyarakat.

Wabup John menyambut baik acara tersebut karena sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika yang mendukung percepatan transformasi digital di Kabupaten Mimika. Bahkan mengajak langsung Pandu Digital melalui Gradasi menjadi mitra pemerintah daerah Mimika untuk mendampingi program-program digitalisasi di masyarakat.

“Kami harap pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo untuk memperhatikan Papua, khusus Kabupaten Mimika untuk mendampingi masyarakat dalam proses transformasi digital. Kita sebenarnya sudah memiliki pelayanan digitalisasi. Ada begitu banyak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, namun masih banyak yang belum tahu cara menggunakannya. Di sini tugas Gradasi merekrut banyak relawan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat,” pesannya. (YOSEFINA/Red) 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar