Hari Ini Satu Tim Brimob Sterilisasi Gereja-Gereja Besar di Timika

Bagikan Bagikan
Apel Gabungan dalam Rangka Pengamanan Paskah 2021 di lapangan Timika Indah (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Hari ini satu tim Brimob menggelar sterilisasi penjinakan bom (Jibom) di beberapa gereja besar di Timika sebelum ibadah perayaan paskah.

Danyon Brimob Batalion B Pelopor Polda Papua, Kompol Ramadhona mengatakan, untuk mem-backup Polres Mimika dalam pengamanan Paskah telah disiapkan dua tim untuk patroli dan satu tim untuk sterilisasi.

“Untuk gereja mana yang akan disterilisasi, karena keterbatasan personel, maka sesuai petunjuk Kapolres akan dilakukan di Gereja besar saja dan dilakukan hari ini,” ungkap Kompol Ramadhona usai Apel Gabungan dalam Rangka Penanganan Paskah 2021 di lapangan Timika Indah, Kamis (1/4/2021).

Waktu pelaksanaan sterilisasi disesuaikan dengan besar dan luas tempat ibadah. Untuk peralatan seperti biasanya yang dilakukan di tempat lainnya seperti metal detektor dan peralatan khusus lainnya.

Pantauan Salam Papua, Danlanud Yohanes kapiau Timika, Letkol Pnb Surono selaku inspektur upacara pada apel pengamanan yang dilaksanakan. Dalam amanatnya mengatakan bahwa saudara dan saudari umat Nasrani akan melaksanakan ibadah Paskah, sehingga apel gelar pasukan guna memberikan rasa aman tentram dan nyaman.

“Pasukan pengaman akan dibagi ke sektor baik di gereja-gereja ataupun di wilayah umumnya di Timika. Diharapkan dengan kehadiran kita, maka saudara-saudara yang merayakan ibadah Paskah bisa merasa aman dan tentram. Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan TNI, Polri dan Ormas-ormas yang ada di Mimika,” ujarnya.

Usai apel siaga, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata mengatakan bahwa yang hadir dalam apel ini dihadiri oleh kurang lebih 1000 personel termasuk Ormas-ormas. Sistem penjagaan tentunya melibatkan saudara-saudara non Nasrani yang tidak beribadah dan juga melibatkan pemuda-pemuda gereja agar ikut memantau gerejanya masing-masing, sehingga apabila ada yang dicurigai, maka langsung dilaporkan kepada petugas keamanan yang ada.

Petugas patroli Polri juga tetap berjalan, bukan hanya untuk mengantisipasi aksi teror, tetapi juga mengantisipasi masalah-masalah gangguan keamanan lainnya saat ibadah Paskah.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh Ormas yang mendukung kita ikut mengamankan perayaan Paskah tahun 2021. Ormas-ormas ini sangat luar biasa berinisiatif melaporkan diri untuk ikut mengamankan tanpa memandang suku dan ras,” kata AKBP Era.

Sedangkan Dandim 1710/Timika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya mengingatkan kepada seluruh warga Mimika bahwa kegiatan pengamanan yang dilakukan saat perayaan ini jangan sampai membuat masyarakat atau jemaat tidak nyaman, karena pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman agar jemaat bisa melaksanakan ibadah dengan khikmat.

“Nanti pengamanannya akan diatur. Aparat pengamanan ada di luar dan jemaat tetap beribadah di dalam dengan aturan tata perayaannya. Jangan dijadikan pengamanan ini suatu kegaduhan dan ditakuti, karena ini suatu tanggungjawab TNI-Polri bersama ormas-ormas yang ada,” kata Letkol Yoga. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar