Jenazah Ketua DPRD Mimika Akan Dilepas Secara Kenegaraan dan Dimakamkan di Mile 23

Bagikan Bagikan

Suasana duka di rumah duka keluarga besar Omaleng di mile 32 (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Jenazah Ketua DPRD Mimika, Almarhum Robby Kamaniel Omaleng akan dikuburkan di mile 23 tanggal 24 April 2021.

Sebelum jenazah dimakamkan, akan dilaksanakan ibadah di rumah duka di mile 32 dan selanjutnya jenazah dilepas secara kenegaraan melalui paripurna istimewa di ruang paripurna DPRD Mimika.

“Besok pagi ibadah lagi sekitar jam 09.00 WIT, kemudian dilepas secara kenegaraan di ruang Paripurna DPRD (Mimika) dan diserahkan kembali ke keluarga untuk selanjutnya dimakamkan di mile 23. Itu berdasarkan kesepakatan semua keluarga,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme di mile 32, Jumat (23/4/2021).

Dijelaskan, meski memiliki riwayat jantung, tetapi belum bisa dipastikan bahwa Almarhum meninggal lantaran serangan jantung. Almarhum mengalami sakit dan harus dilarikan ke RSMM saat melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Trans Nabire.

“Dari tim medis tidak sampaikan bahwa Almarhum meninggal karena jantungan, tetapi memang ada riwayatnya,” jelasnya.

Dirinya mengaku, Almarhum Robby merupakan sosok yang sangat baik dan santun. Seluruh anggota DPRD sangat terkejut dengan kepergiannya yang sangat mendadak. Almarhum juga belum lebih dari satu tahun menjalankan tugasnya sebagai ketua DPRD Mimika. Meski demikian Almarhum telah menunjukan kepemimpinannya dengan sangat baik.

“Beliau ini sangat baik. Makanya kami semua sedih,” katanya.

Aleks juga mengungkapkan bahwa Almarhum merupakan figur muda bagi suku Amungme yang cocok menjadi  pemimpin masa depan. Namun, semuanya harus ikhlas mengingat rencana Tuhan yang terbaik, sehingga Alamarhum dipanggil menghadap kehadirat Tuhan.

“Tupoksi beliau yang melekat di DPRD tetap akan kami lanjutkan dan semua akan dibahas,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob. Menurut dia, sebelum jenazah dimakamkan, tentunya ada pelepasan secara kenegaraan di gedung DPRD.

Wabup John juga mengatakan, selama menjabat selaku ketua DPRD Mimika, Almarhum telah melakukan kordinasi bersama Pemkab Mimika dengan sangat baik. Beberapa keputusan diambil selalu dikoordinasikan secara bersama dan sangat kooperatif di setiap kegiatan yang dilaksanakan secara bersama, salah satunya selama masa pandemi covid-19.

“Secara pribadi, saya akui bahwa Almarhum ini sangat baik. Almarhum punyai dedikasi yang baik,” katanya.

Sikap santun dan kebaikan Almarhum Robby Kamaniel Omaleng juga diakui oleh Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri, Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

Komjen Waterpauw yang sempat hadir di rumah duka di mile 32 mengaku bahwa meski tidak sering bergaul dengan Almarhum, tetapi dari beberapa kali pertemuan ia bisa melihat sikap santun dan ramah Almarhum.

“Adik Robby ini sangat santun. Saya pun sangat menghormatinya. Kita semua harus ikhlas dengan kepergiannya, karena semua rencana terbaik dari Tuhan,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar