Kampung Mimika Gunung Butuh Dua Jembatan

Bagikan Bagikan
Kepala Kampung Mimika Gunung, Marthen Yatipati (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Warga Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana membutuhkan pembangunan dua jembatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Kampung Mimika Gunung, Marthen Yatipati saat ditemui Salam Papua di Hotel Horison Ultima Timika, Jalan Hasanuddin, Kamis siang (28/4/2021).

Dia mengatakan, sebelumnya sudah ada satu jembatan beton dengan luas 16x6 meter yang dibangun tahun 2020 lalu menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD).

Akan tetapi setelah pembangunan jembatan terjadi banjir besar yang menghancurkan jembatan tersebut pada Bulan Juli 2020.

“Padahal kami baru selesai bangun, beberapa bulan kemudian terjadi banjir besar jadi langsung rusak,” katanya.

Dia mengaku, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses warga untuk ke kebun. Namun karena rusak warga membuat jembatan sendiri secara swadaya menggunakan kayu.

Hanya saja kondisi jembatan tersebut sangat tidak layak dan berbahaya bagi warga yang melintas, apalagi sambil membawa hasil kebun yang berat.

“Puji Tuhan tidak pernah ada korban tapi kondisi jembatan itu berbahaya bagi warga yang lewat. Tapi tidak ada jalan lain, jadi mau tidak mau harus lewat. Jadi kami minta bantuan pemerintah karena ini kebutuhan yang sangat penting,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain jembatan tersebut, warga juga membutuhkan satu jembatan lagi yang menghubungkan pemukiman warga.

Dikatakan, jembatan yang dibutuhkan itu dengan luas 3x6 meter.

“Kalau tidak hujan, warga masih bisa lewat di situ tanpa jembatan tapi kalau hujan sama sekali tidak bisa lewat padahal ada banyak warga yang bermukim di seberang sungai,” terangnya.

Ia juga mengeluhkan di kampung tersebut masih ada belasan rumah yang belum memiliki meteran listrik sendiri sehingga untuk kebutuhan listrik warga menarik kabel dari gereja atau warga lainnya yang memiliki meteran listrik. Padahal, lanjut dia, hal tersebut sangat berbahaya.

Untuk itu ia mengatakan perlu perhatian pemerintah untuk persoalan ini.

“Jangan sampai terjadi jatuh korban baru diperhatikan,” sebutnya.

Di samping itu, pihaknya juga sudah mengusulkan pada Musrenbang distrik tahun 2021 ini pembangunan 50 rumah sehat di Kampung Mimika Gunung yang memiliki 200 lebih Kepala Keluarga ini.

“Di Mimika Gunung kami belum ada rumah sehat jadi kami usulkan 50 unit dulu,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar