Kapolres Terharu Melihat Toleransi Umat Beragama di Mimika

Bagikan Bagikan
Pemuda gereja bersama paguyuban dan pihak keamanan saat turut menjaga keamanan perayaan Jumat Agung di salah satu gereja di Timika. (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Sikap toleransi umat beragama ditunjukkan dalam keterlibatan umat non Kristiani dengan membantu menjaga keamanan di setiap gereja pada  saat perayaan Paskah bagi umat Kristiani di Kabupaten Mimika.

Sikap toleransi tersebut mendapat apresiasi dari Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, bahkan ia terharu dengan sikap toleransi yang ditunjukkan oleh masyarakat di Mimika.

"Melihat toleransi di Kabupaten Mimika air mataku menetes haru," tulis Kapolres Mimika dalam postingan akun Facebooknya pada Jumat (2/4/2021).

Menurutnya, toleransi terhadap sesama manusia adalah cara kita menghargai diri sendiri. Toleransi diperlukan bukan hanya oleh kelompok minoritas tapi setiap manusia, oleh sebab setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan kehidupan yang harmonis.

"Hidup ini akan indah bila kita saling menghargai satu sama lainnya dan sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Tuhan. Mari belajar saling menghargai dengan sebuah akal sempurna yang telah Tuhan anugerahkan," ujarnya.

Tambahnya lagi, Semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin besar rasa toleransinya.

Perdamaian erat kaitannya dengan saling toleransi, mendengarkan dan memahami, serta mengurangi perdebatan yang tidak perlu adalah kunci yang paling penting.

"Buktikan pada dunia bahwa persahabatan dengan penuh perbedaan bisa berjalan selama-lamanya. Perbedaan itu ada justru mengajarkan arti sebuah toleransi. Mari kita buat Kabupaten Mimika menjadi sebuah lukisan indah yang digoreskan dengan tinta warna perbedaan, sehingga  siapapun yang melihatnya akan merasa sejuk dan damai," tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar