KKB yang Bakar Helikopter dan Penembak Dua Guru Adalah Kelompoknya Lekagak Telenggen

Bagikan Bagikan
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengaku bahwa KKB yang melakukan pembakaran Helikopter dan kontak tembak di Ilaga termasuk penembakan dua guru di Beoga merupakan kelompok yang sama di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

“Kelompok ini melakukan pembakaran dilanjutkan dengan kontak tembak. Mereka satu kelompoknya Lekagak,” ungkap Irjen Mathius saat ditemui di salah satu hotel di Timika, Senin (12/4/2021).

Adapun agenda KKB dari Beoga akan berkumpul ke Ilaga atas perintah Lekagak dalam rangka penyelesaian perang suku. Namun terlepas dari agenda tersebut, sangat disayangkan kenapa KKB melakukan aksi penembakan guru dan pembakaran Helikopter?

“Kenapa mereka melakukan hal-hal di luar batas norma kemanusiaan? Tentunya mereka melanggar hukum, sehingga aparat Kepolisian dan TNI tidak akan mundur selangkah pun untuk menegakkan hukum. Kita akan cari dan tangkap,” tegasnya.

Situasi di Puncak pasca penembakan helikopter cukup kondusif dan aman. Namun, berharap agar aparat yang ada di Ilaga bisa melakukan pengendalian terhadap peristiwa yang terjadi. Ia pun telah berkoordinasi dengan Bupati Puncak agar melakukan langkah-langkah pendekatan bersama  tokoh adat dan masyarakat supaya bisa bersama-sama menjaga keamanan di Ilaga dan umumnya di Puncak.

“Kita tahu rentetan pembakar di Beoga dan pembakaran Helikopter ini cukup mengganggu aktivitas Pemerintah termasuk aktivitas penerbangan,” jelasnya.

Untuk pasukan pengamanan masih memanfaatkan pasukan yang ada di Beoga maupun di kota Ilaga, karena di sana pun ada pasukan Brimob dan TNI yang menjalankan tugas Pamrahwan maupun BKO kewilayahan.

Apabila kita bisa mengamankan parameter di bandara Beoga, maka akan dievakuasi masyarakat yang telah berkumpul di Koramil maupun di Polsek.

“Informasi yang didapat ada sebanyak 40 lebih orang yang harus dievakuasi, baik tenaga guru maupun keluarganya serta masyarakat lainnya,” tambahnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar