Komisi C DPRD Mimika Kunker ke Bappeda

Bagikan Bagikan
Foto bersama Komisi C DPRD Mimika bersama Bappeda (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) -  Komisi C DPRD Mimika pada Rabu (14/4/2021) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), salah satunya ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kunker itu untuk mengetahui sejauhmana kegiatan dari setiap OPD di tahun 2021, setelah penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA).

"Kita ingin melihat pekerjaan yang sudah jalan seperti apa, yang belum jalan seperti apa dan perencanaan untuk tahun 2022 mendatang seperti apa," ungkap Ketua Komisi C, Elminus B. Mom yang mengawali pertemuan  yang digelar di Kantor Bappeda tersebut.

Mantan Ketua DPRD Mimika itu juga berharap agar perencanaan atau kegiatan harus ditingkatkan, sehingga kegiatan berjalan maksimal dan selesai tepat waktu dan tidak meninggalkan utang.

Menurutnya, perencanaan pembangunan di Mimika khususnya di kota harus terukur, sehingga di wilayah pedalaman juga mendapat bagian dari pembangunan.

Elminus menilai, selama ini pembangunan hanya fokus di kota saja, sementara masyarakat di pedalaman juga mengharapkan sentuhan pembangunan yang berasal dari pemerintah.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Martinus Walilo mengharapkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) orang asli Papua tetap menjadi prioritas pemerintah.

"Intinya kami Legislatif akan terus melakukan pengawasan secara berkala terhadap kinerja pemerintah  sehingga masyarakat kita yang ada di pedalaman bisa mendapatkan sentuhan dari pemerintah, dan kami akan melaporkan secara berkala kepada pimpinan untuk menindaklanjuti jika ada temuan-temuan di lapangan yang berjalan tidak sesuai atau menyimpang," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Mimika, Yohana Paliling  yang menerima rombongan dari Komisi C DPRD Mimika itu mengungkapkan bahwa semua kegiatan OPD dalam proses penginputan ke dalam Rencana Umum pengadaan (RUP) pada Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ).

Bappeda akan terus melakukan pengawasan terhadap kemajuan dari setiap OPD, sehingga proses kegiatan dapat dikerjakan segera.

"Kami sudah sampaikan bahwa kami akan memastikan kemajuan administrasi dari masing-masing OPD, karena pada bulan Juli mendatang kita akan melakukan monitoring untuk melihat sejauhmana proses yang sudah dicapai setiap OPD," tuturnya.

Sedangkan kegiatan pada tahun 2022, Yohana menyampaikan sementara digelar Musrenbang Kabupaten untuk menghimpun dan mencocokan kegiatan dari kampung yang telah diusulkan melalui Musrenbang Distrik untuk disamakan dengan kegiatan yang menjadi prioritas di OPD teknis.

"Kami sangat berterimakasih kepada bapak-bapak dewan yang telah melakukan Kunker ke Bappeda. Ada banyak hal yang harus kita diskusikan terkait pembangunan di Mimika dan ini memang membutuhkan sinergitas kita semua," ungkapnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar