Misa Malam Paskah, Pastor Maxi: Jangan Menyerah pada Penderitaan dan Kesedihan

Bagikan Bagikan
Umat memegang lilin saat upacara cahaya pada Misa malam Paskah di Gereja Santo Stefanus Sempan Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pastor Maxi Dora,OFM berpesan kepada umat Katolik agar jangan menyerah pada penderitaan dan kesedihan.

Pesan ini disampaikan saat Misa malam Paskah di Gereja Santo Stefanus Sempan Timika, Sabtu malam (3/4/2021).

Ia mengatakan, kebangkitan Kristus membuat umat manusia menjadi baru, sehingga umat diajak bersyukur karena boleh mengambil bagian dalam rahmat penebusan.

“Kita harus bangkit berdiri dan berlari menyongsong kehidupan baru yang dianugerahkan bagi kita. Itu artinya jangan pernah berhenti berjuang dalam hidup ini, jangan menyerah pada penderitaan dan kesedihan.  Melainkan ubahlah itu menjadi sikap yang tabah dan teguh dalam iman, harapan dan cinta kasih,” ujarnya.

Makna kebangkitan bagi umat manusia, ketika mau bertobat dan memandang hidup sebagai anugerah luar biasa dari Allah untuk selama-lamanya.

Terang lilin di malam Paskah, lanjut dia, bahwa sesungguhnya terang itu telah datang.

“Terang lilin itu menembus kegelapan malam, terang yang bercahaya memberi harapan kepastian dan kegembiraan,” ungkapnya.

Menurutnya, terang lilin Paskah menjadi lambang hidup penuh sukacita. Kristus yang bangkit menjadi terang menyinari sudut setiap rumah dan keluarga  yang saat ini sedang cemas dan gelisah. Terang itu memberi  harapan di sudut hati setiap orang yang saat ini tidak ada jalan keluar dari kesulitan hidupnya.

“Terang yang  memberi harapan untuk menuju terang sejati yakni Yesus Kristus  yang bangkit,” ujarnya.

Misa malam Paskah itu diawali dengan upacara cahaya di teras gereja untuk merayakan Yesus yang bangkit dari kuburnya.

Lilin yang menyala merupakan tanda cahaya yang menerangi kegelapan dalam kekelaman dunia, maut dan dosa dikalahkan. Dunia dilimpahkan kasih dan keselamatan Allah.

Dilanjutkan dengan perarakan lilin Paskah dan meneruskan lilin ke umat. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar