Nama Kasat Reskrim Polres Mimika Dicatut Untuk Modus Penipuan Via Telepon

Bagikan Bagikan
AKP Hermanto (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Masyarakat Mimika diingatkan agar tetap waspada dengan banyaknya penipuan via telepon dengan modus meminta bantuan uang  pembelian tiket pesawat.

Salah satu nama yang dicatut adalah Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto. Dimana, beberapa hari terakhir nomor 085363808673 yang mengaku sebagai AKP Hermanto menelepon enam orang sebagai calon korban.

“085363808673 itu bukan nomor saya, karena nomor handphone saya hanya satu saja. Lagian saya tidak sedang berada di Jakarta, tapi saya di Timika saja. Setelah kita cek nomor penipuan itu lokasinya berada di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau,” ungkap AKP Hermanto, Rabu (21/4/2021).

Dijelaskan bahwa sebagian besar calon korban yang dihubungi pelaku penipuan tersebut merupakan rekannya. Namun, setiap rekannya yang mengaku dimintai bantuan langsung mengkonfirmasi langsung kepadanya, sehingga tidak sempat mentransfer.

Hingga saat ini calon korban yang telah konfirmasi belum melakukan transfer. Namun, hal ini menjadi pelajaran bagi masyarakat Mimika yang lainnya agar tidak mudah percaya dengan modus penipuan yang dilakukan via SMS ataupun telepon.

“Modusnya adalah minta uang dibelikan tiket dari Jakarta ke Timika dengan iming-iming bahwa AKP Hermanto sementara berada di Jakarta bersama satu orang anggotanya. Nomor rekening juga dia sertakan. Ada calon korban yang telepon nomor tersebut dan diangkat sama pelaku, tapi ada juga calon korban yang telepon, tapi dia tidak angkat. Sayapun sudah coba telepon dan masuk, tapi tidak mau angkat,” jelasnya.

Penipuan serupa yang mengatasnamakan dirinya pernah juga terjadi saat mulai menjabat sebagai Kasat Reskrim. Dengan demikian, dicurigai adanya komplotannya yang berada di Timika. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar