Pemkab Mimika Canangkan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Bagikan Bagikan
Foto bersama Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob bersama pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Mimika, dan pegawai Dinas DP3AP2KB pada pencanangan pendataan keluarga di Mimika tahun 2021 (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencanangkan program Pendataan Keluarga tahun 2021, Kamis (1/4/2021).

Kepala Dinas P3AP2KB Mimika, Maria Rettob dalam sambutannya mengatakan, pencanangan program Pendataan Keluarga tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana serta sistem informasi keluarga di Kabupaten Mimika.

Yang mana kegiatan tersebut merujuk dari  surat kepala BKKBN RI No 777 Tahun 2021 Tentang Pendataan Keluarga dan Surat Kepala Perwakilan BKKBN Wilayah Provinsi Papua Tentang Pencanangan Pendataan Keluarga tahun 2021.

Maria menjelaskan, terkait pencanangan program Pendataan keluarga akan didahului dengan pengambilan data yang akan dilakukan oleh tim, dengan sasaran semua keluarga yang ada di Kabupaten Mimika.

"Tim akan mendata semua anggota keluarga, mulai dari suami, istri, anak serta lansia," tutur Maria.

Petugas yang akan melakukan pendataan adalah para kader Keluarga Berencana (KB) di setiap Distrik, PLKB non PNS, PKB dan staff dari DP3AP2KB.

Para petugas ini terlebih dulu akan mengikuti pelatihan dan orientasi pengisian form. Pelatihannya telah digelar pada tanggal 24 Maret 2021 lalu dengan narasumber dari Perwakilan BKKBN Wilayah Provinsi Papua.

"Pendataan akan dilakukan di 14 distrik yang ada di Kabupaten Mimika, yang terdiri dari 6 distrik wilayah kota dan sekitarnya serta 8 distrik wilayah pesisir. Sementara itu ada 4 Distrik yang kemungkinan tahun ini tidak akan kami lakukan pendataan karena terkendala biaya transportasi, serta situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan untuk dilakukan pendataan di sana," ujarnya.

Waktu pelaksanaan pendataan dilaksanakan mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021, serentak di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Mimika pendataan keluarga didahului dari Keluarga Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyusul keluarga Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Robby Omaleng, selanjutnya para pejabat di Kabupaten Mimika.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob yang membuka secara resmi pencanangan pendataan keluarga di Mimika menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendataan keluarga merupakan program kependudukan dan keluarga berencana nasional dengan menerapkan sistem informasi up to date melalui sistem informasi manajemen (sim) berbasis teknologi informasi.

"Kegiatan ini serentak di Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia. Diharapkan dukungan dari masyarakat, terlebih khusus keluarga yang menjadi target pendataan untuk membantu para petugas dengan memberikan informasi yang benar sesuai data. Kepala Distrik, kepala Kampung hingga rukun tetangga harus mengajak masyarakat aktif dalam pendataan itu," ungkap Wabup John.

Pencanangan pendataan keluarga di Mimika ditandai dengan pelepasan balon ke udara di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar