Pemkab Mimika Gelar Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2022

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Musrenbang Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menggelar rencana Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2022 dengan mengusung tema mendorong pemulihan ekonomi daerah demi kesejahteraan masyarakat, untuk pembangunan yang berkesinambungan.

Kegiatan ini digelar di Hotel Horison Diana Timika, Papua, Jumat (9/4/2021), yang dibuka oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH.

Kegiatan ini digelar selama 3 hari, dan untuk hari kedua dan ketiga akan dilakukan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Mimika.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Tim Asistensi Bappeda Provinsi Papua, Jimmy Thesia, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Sekda Mimika, Michael Gomar, Ketua dan Anggota DPRD Mimika, sejumlah pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling menyebutkan, pelaksanaan Musrenbang tersebut untuk menyepakati pelaksanaan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan daerah, prol kegiatan pagu indikatif, indikator dan menyepakati target kinerja serta lokasi penyelarasan program kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Papua.

Serta menyepakati usulan program dan kegiatan yang akan diusulkan dalam Musrenbang provinsi dan nasional.

Natinya setelah kegiatan yang dibiayai APBD 2021 ini akan dikeluarkan berita acara hasil kesepakatan yang dijadikan sebagai bahan penyempurnaan RKPD dan rancangan perangkat daerah tahun 2022.

“Tahun ini prioritas pembagunan adalah pemulihan ekonomi dan sentra-sentra ekonomi dan pariwisata serta ekonomi lokasi masyarakat, peningkatan SDM yang berdaya saing, penciptaan birokrasi yang efektif dalam pencapaian prioritas pembangunan, upaya penerapan smart city, tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional, serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pemerataan sarana dasar,” kata Yohana.

Sementara itu, arah kebijakan pembangunan tahun 2022 yaitu peningkatan daya saing ekonomi berbasis sektor unggulan kerja, peningkatan pengetahuan masyarakat, pemerataan kualitas pendidikan dan kesehatan serta persamaan gender dalam pembangunan.

Selain itu juga peningkatan akuntabilitas kinerja reformasi birokrasi dan penggunaan teknologi dalam pemerintahan demi tercapainya kepuasan masyarakat.

“Dan untuk meningkatkan prioritas pegawai peningkatan kapasitas SDM aparatur, mengembangkan kepastian penggunaan sumber daya alam, berinventasi serta pengembangan industri yang berbasis pada pengelolaan sumber daya alam yang ada,” ungkapnya.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannnya berharap Musrenbang tersebut menjadi media interkatif bagi segenap pelaku pembangunan untuk menyusun, menetapkan usulan prioritas program dan kegiatan serta merekomendasikan dukungan implementasi program dan kegiatan tahun anggaran 2022.

“Perlu dibangun komitmen antara pemangku kepentingan dalam rencana pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel dengan tetap menjamin tata kelola dan pelaksanaan lingkungan hidup, dengan mengacu pada pola ruang sebagaimana telah diatur dalam Perda nomor 15 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Mimika tahun 2011 sampai 2031.

Di sela-sela kegiatan Musrenbang dilakukan launching Buletin Mimika Membangun. Dalam buletin tersebut berisi dokumentasi pembangunan Kabupaten Mimika sepanjang tahun 2020. Dan rencananya tahun ini terbit setiap bulan. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar