Pemkab Mimika ‘Tidak’ Terima Tenaga Honorer Lagi, Bupati Upayakan 3.975 Honorer Diangkat CPNS

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH mengatakan bahwa Pemkab Mimika akan mengupayakan semua tenaga honorer saat ini untuk diangkat menjadi CPNS, dan kemudian tidak akan lagi menerima tenaga honorer.

Hal ini diungkap Bupati Omaleng lantaran dari 20 ribu kuota CPNS yang diberikan kepada pemerintah Provinsi Papua, Kabupaten Mimika hanya memperoleh 600 kuota.

"Jumlah tenaga honorer kita di Mimika sebanyak 3.975 orang, sedangkan kuota yang kita dapat hanya 600 saja. Kita akan ajukan lagi kepada pemerintah pusat, dan target 3.975 honorer harus diangkat CPNS. Kita akan ajukan terus hingga semua honorer di Pemkab Mimika kosong atau tidak ada," ungkap Bupati Omaleng, Kamis (29/4/2021).

Dijelaskan, sejak tahun 2019, 2020, hingga 2021 belum ada kuota CPNS yang diperuntukkan bagi Pemkab Mimika, sehingga dengan peluang itu pemerintah akan ajukan kepada pemerintah pusat agar semua tenaga honorer yang ada saat ini diangkat sebagai CPNS, lantaran dengan jumlah tenaga honorer yang begitu banyak dianggap sebagai beban APBD Kabupaten Mimika setiap tahunnya.

Dia menegaskan, setiap tahun Pemkab Mimika menganggarkan kurang lebih Rp 147 Miliar untuk membayar tenaga honorer yang ada di Kabupaten Mimika.

"Kalau 3.975 honorer ini sudah dianggat sebagai CPNS, kita (Pemkab Mimika) tidak akan terima honorer lagi, biarkan semua pekerjaan dilaksanakan oleh pegawai negeri (sipil). Honorer banyak, tidak ada kerjaan juga sama saja. Kalau honorer yang kerja lalu pegawai negeri kerja apa?" ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini banyak pegawai negeri yang tidak pernah masuk Kantor karena tidak ada kerjaan bagi mereka, namun pemerintah telah mengambil langkah untuk menertibkan ASN yang selama ini mangkir dari tugasnya. (Jefri  Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar