Pengaduan PHK Sepihak di RS Tjandra Diarahkan ke Disnaker

Bagikan Bagikan
Pengadu saat membuat pengaduan tanggal 6 April lalu (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Polsek Mimika Baru (Miru) pertemukan dua pihak atas pengaduan PHK sepihak terhadap tenaga Apoteker di RS Tjandra.

Kapolsek Miru melalui Kanit Opsnal, Aipda Ivan mengatakan bahwa pengaduan awal di tanggal 6 April lalu karena merasa tidak puas atas PHK sepihak dan adanya tindakan tidak menyenangkan atas surat PHK sepihak itu.

Atas pengaduan itupun, Polsek Miru melakukan mediasi dan mempertemukan dua pihak yaitu Manajemen RS Tjandra dan pihak pengadu. Dalam mediasi ini, permasalahannya dipilah, dimana yang pertama soal perbuatan tidak menyenangkan dan itupun telah selesai, sehingga kedua belah pihak saling memaafkan.

Untuk persoalan PHK itu diarahkan agar menghubungi pihak dinas tenaga kerja (Disnaker). Kalaupun nantinya ada unsur pidana, maka pasti akan dilaporkan ke Polres.

“Masalah perbuatan tidak menyenangkan itu sudah selesai. Yang soal PHK sepihak itu, kita arahkan ke Disnaker. Kalau memang nanti ada unsur pidananya itu pastinya dilaporkan ke Polres. Sementara mereka dalam tahapan koordinasi dengan Disnaker. Misalnya nanti bisa dimediasi di Disnaker, berarti akan diselesaikan di sana,” kata Aipda Ivan usai melaksanakan mediasi, Jumat (9/4/2021).

Dijelaskan bahwa dengan adanya perbuatan tidak menyenangkan itu tidak berhubungan dengan profesi pengadu yaitu sebagai Apoteker.

“Jangan sampai kalau perbuatan tidak menyenangkan itu dikaitkan dengan profesinya, karena itu berbuntut panjang. Kedua belah pihak juga sudah sampaikan bahwa itu tidak ada kaitannya dengan profesi, karena itu bersifat peleraian oleh pihak keamanan di sana. Berarti tidak ada unsur penganiayaan,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar