Peserta KIS OAP di Mimika yang Didanai Pemkab Berkurang 20 Ribu Jiwa

Bagikan Bagikan
Susan G Gasperz (kiri), Lucky Mahakena (kanan) (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) umumnya Orang Asli Papua (OAP) yang selama ini didanai Pemkab Mimika sebelumnya sebanyak 28 ribu peserta sekarang tersisa 7.481 peserta.

“Tahun 2021 ini sisa 7.481 peserta,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika, Susan G Gasperz ketika dihubungi Salam Papua via pesan WhatsApp Senin sore (26/4/2021).

Ketika ditanya alasan pengurangan peserta KIS mencapai 20ribu lebih ini, Susan menyarankan agar mewawancarai pihak Pemkab Mimika.

“Paling pas kalau ke Pemda dalam hal ini ke Pak Sekda atau Dinkes atau Dinsos,” ujarnya.

Sementara itu Humas RSUD Mimika, Lucky Mahakena mengatakan, banyak warga asli Papua mengetahui KIS mereka tidak dapat diakses lagi saat datang berobat di RSUD, karena sebelumnya tidak ada penyampaian kepada peserta.

“Saat peserta datang berobat ketika mengurus administrasi ke petugas BPJS Kesehatan yang ada di RSUD barulah ketahuan kalau kartu mereka sudah tidak bisa diakses,” ujarnya.

Ia mengatakan, awalnya beberapa peserta protes terhadap hal ini namun setelah pihaknya dan pihak BPJS Kesehatan memberikan penjelasan mereka bisa terima dan diarahkan untuk mengurus BPJS Kesehatan mandiri.

“Jadi biasanya kami arahkan untuk mengurus BPJS Kesehatan mandiri, jika tidak harus membayar tunai,” terang Lucky. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar