PON di Mimika Tanggal 2 Oktober 2021 Dengan 3.877 Peserta

Bagikan Bagikan
Marthen Paiding (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 3.877 orang yang akan terlibat dalam pergelaran PON XX di Kabupaten Mimika yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 nanti.

Hal ini diungkap Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON ke-XX Provinsi Papua Sub Mimika, Drs. Marthen Paiding,MMT, saat ditemui Salam Papua usai rapat evaluasi pengajuan rencana anggaran belanja sesuai SBB PON XX/2021 Papua di Sekretariat PB PON Sub Mimika, Jalan Poros SP2-SP5, Kelurahan Timika Jaya, Distrik Mimika Baru, Mimika, Papua, Kamis siang (15/4/2021).

Marthen merinci dari 3.877 peserta tersebut terdiri dari Head Cuarter 34 orang, Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat 5 orang, KONI Provinsi Papua 34 orang, Ketua Cabor Pusat 24 orang, Technical Delegates (TD) 12 orang, Dewan Hakim, wasit/juri 462 orang serta Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) 12 orang.

Kemudian atlet 1.436 orang, Offical 798 orang dan Panpel Cabor 828 orang. Selanjutnya wartawan 200 orang dan PB PON 32 orang.

“Jadi hari ini kita pertemuan dengan koordinator-koordinator bidang untuk melihat kembali rencana anggaran biaya (RAB). RAB yang kita bikin kemarin belum final karena kita belum tahu pasti jumlah atlet yang akan bertanding di sini dan jumlah peserta seluruhnya. Hari ini sudah ada jumlah pasti yang sudah diverifikasi oleh KONI pusat,” ungkap Marthen.

Ia mengatakan, dengan adanya data peserta tersebut akan dilakukan perencanaan biaya dan akan disampaikan ke provinsi Papua.

“Dengan dasar ini kita buat perencanaan kebutuhan biaya dan kita akan sampaikan ke provinsi,” kata mantan Pj Sekda dan Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika ini.

Dia menjelaskan, PB PON Provinsi Papua menyerahkan kewenangan kepada 4 cluster di Provinsi Papua sebagai penyelenggara termasuk dengan  pendanaan. Sehingga dengan dasar itu pihaknya akan mengulas kembali RAB yang sudah dibuat sebelumnya.

“Saya lihat kesiapan dari 18 koordinator bidang sudah siap. Besok panitia dibantu tim yang kita akan ambil dari Inspektorat, Disparbudpora, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Bappeda untuk memverifikasi rencana dari masing-masing bidang. Supaya dana yang kita ajukan ke provinsi betul-betul real dan sesuai  dengan kebutuhan kita,” tuturnya.

Dalam penyelenggaaraan PON, lanjut dia, pihak penyelenggara sudah diberikan acuan dalam seluruh kegiatan semua terstandar.

“Jadi ada standar harga yang harus kita bikin acuan,” tutupnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar