Sebagian Besar OPD Mimika Belum Input Kegiatan di ‘SIRUP’

Bagikan Bagikan
Bambang Wijaksono (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kabupaten Mimika, Bambang  Wijaksono belum dapat memastikan berapa banyak paket kegiatan di tahun 2021 dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mimika.

Karena sebagian besar OPD tersebut belum menginput semua kegiatan di dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan ( SIRUP).

Kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (6/4/2021), Bambang mengatakan pihaknya akan bersurat kepada seluruh pimpinan OPD agar semua kegiatan di tahun 2021 segera diinput ke dalam Sirup, sehingga proses pekerjaan segera dilaksanakan.

"Akhir bulan April ini semua kegiatan sudah harus terinput, dan saya akan sampaikan hal ini kepada pimpinan (Bupati) agar bisa menjadi penekanan kepada pimpinan OPD untuk segera menginput semua kegiatan," ujar Bambang.

Dia mengungkapkan, keterlambatan tersebut mungkin karena adanya peralihan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) ke Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Dia pun berharap dengan adanya peralihan tersebut, tidak menjadi alasan bagi OPD sehingga memperlambat proses penginputan semua kegiatan yang nantinya akan diketahui oleh publik.

"Saya akan terjunkan tim teknis untuk melihat kendalanya seperti apa, karena dengan keterlambatan ini bisa menjadi poin bagi KPK pada saat evaluasi nanti dan akan membuat nama kita merah," ujarnya.

Sementara itu kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), Dia memastikan sudah berjalan, lantaran dari awal tahun sudah disurati kepada 11 OPD yang mengelola dana DAK.

"Kita sudah bersurat kepada ODP untuk segera menginput ke RUP dan segera menunjuk (pejabat pembuat komitmen) PPK untuk mempersiapkan proses tendernya. Beberapa OPD seperti RSUD, Dinas PUPR, dan Dinas Lingkungan Hidup sudah berjalan kegiatannya," tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar