Selama Bulan Puasa, Tempat Hiburan Malam Dibatasi

Bagikan Bagikan
Penggalan instruksi Bupati Mimika (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka menjaga ketertiban dan kenyamanan serta menghormati umat beragama yang sedang merayakan hari besar agamanya, pemerintah Kabupaten Mimika membatasi aktivitas tempat hiburan malam (THM).

Pembatasan itu tertuang dalam instruksi Bupati Mimika nomor 4 tahun 2021, tentang pembatasan waktu operasional tempat hiburan dan larangan penimbunan bahan makanan selama paskah dan pelaksanaan ibadah puasa ramadhan bagi umat Muslim tahun 2021.

Terdapat 7 poin dalam instruksi Bupati Mimika tersebut, yakni para pemilik Bar, Diskotik, Kafe, Panti Pijat, dan Bilyard, tidak diperbolehkan beroperasi pada siang hari, hanya diperbolehkan beroperasi pada pukul 18. 00 WIT sampai pukul 22.00 WIT, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pedagang dilarang menimbun bahan kebutuhan pokok karena akan menyebabkan gejolak harga yang mengganggu pasokan kebutuhan masyarakat.

Pedagang dalam menjalankan aktivitas usahanya baik di Pasar, Mall, Toko, Kios, Restoran dan Hotel yang beroperasi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Jika tidak menaati ketentuan sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU, KEDUA DAN KETIGA akan dikenakan sanksi berupa, Penutupan Tempat Usaha, Pencabutan Izin Usaha dan Sanksi lain sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Setiap warga Kabupaten Mirnika wajib menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman serta menghindari semua aktivitas yang berpotensi mengumpulkan banyak orang sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian covid-19.

Pelaksanaan instruksi ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mimika dan dibantu Kepolisian Resort Mimika.

Instruksi ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2021 sampai dengan tanggal 18 Mei 2021.

Terkait Intruksi tersebut, Kepala Dinas SatPol-PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais mengatakan bahwa itu merupakan perintah yang harus dilaksanakan.

Paulus yang dihubungi melalui telepon seluler pada Selasa (13/4/2021) mengatakan, untuk menegakkan instruksi tersebut, tim gabungan yang terdiri dari Satpol-PP, Polisi dan TNI akan mengawasi secara berkala pada setiap tempat hiburan selama masa puasa.

"Kita akan mengawasi di setiap  tempat hiburan malam pada jam yang telah ditentukan, dan bagi yang tidak mengindahkan hal tersebut maka kita akan mengambil langkah tegas sesuai dengan peraturan yang tertuang dalam instruksi Bupati Mimika," ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar