Sewa Helikopter Mahal, Pelayanan Disdukcapil Miimika ke Wilayah Pegunungan Terhambat

Bagikan Bagikan
Slamet  Sutejo (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Biaya sewa helikopter mencapai Rp 70 juta sekali terbang, sehingga menghambat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika ke distrik-distrik yang ada di wilayah pegunungan.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo, saat ditemui Salam Papua di Bilangan Kartini, Timika, Papua, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengatakan, biaya Rp70 juta itu hanya untuk sekali terbang belum lagi kembalinya, sehingga pihaknya belum bisa maksimal melakukan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di wilayah-wilayah tersebut.

“Sekali terbang Rp 70 juta, dan itu hanya bisa muat enam orang belum lagi kembalinya. Biayanya terlalu besar (mahal) sehingga pelayanan kita belum maksimal,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjut dia, warga-warga dari distrik-distrik di pegunungan sebagian besar tinggal di Timika sehingga pelayanan kepada mereka tetap dapat dilakukan.

“Warga Hoeya, Jila, Alama sebagian besar tinggal di Timika kami layani, jadi bukan berarti kami tidak turun ke wilayah-wilayah pegunungan terus sama sekali tidak layani Adminduk. Databasenya berkembang,  Adminduk untuk warga yang pindah, datang, lahir, KTP dan sebagainya tetap berkembang. Jadi peayanan kita fleksibel,” ujarnya.

Untuk pelayanan ke distrik-distrik wilayah pesisir, kata dia selalu dilakukan.  Ia bersama petugas di Disdukcapil selalu turun, hanya saja belakangan ini ada larangan berlayar karena gelombang tinggi sehingga pelayanan di pesisir masih ditunda.

“Seharusnya minggu lalu kami turun ke Kapiraya tapi karena ada larangan berlayar karena gelombang tinggi jadi kami belum ke sana,” ujarnya.

Sementara untuk distrik-distrik di wilayah Timika dan sekitarnya tetap dimaksimalkan pelayanan dengan sistem jemput bola, layanan online yakni Operator Layanan Dukcapil (Orlando) melalui aplikasi WhatsApp bahkan door to door.

“Jadi pelayanan Adminduk kita lakukan di distrik-distrik sehingga lebih dekat dengan warga, menghemat uang transportasi mereka, bilamana perlu sama sekali tidak mengeluarkan uang transportasi saat mengurus Adminduk. Kita juga ada layanan online Orlando sehingga Adminduk bisa diantar petugas kami dari rumah ke rumah atau door to door,” terangnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar