Smart City di Mimika Ada Lala Pu Kaka

Bagikan Bagikan
Suasana pelayanan di Kantor Disdukcapil Timika belum lama ini (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) – Smart City di Kabupaten Mimika semakin gencar perwujudannya di berbagai dimensi daerah, salah satunya melalui program bayi baru lahir langsung punya Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Indentitas Anak (KIA), atau yang dikenal dengan singkatan Lala Pu Kaka.

Program ini merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Dalam program inovasi untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat ini, pihak Disdukcapil bekerja sama dengan RSUD Mimika dan Puskesmas Timika.

“Jadi setelah melahirkan di RSUD Mimika dan Puskesmas Timika, saat orangtua bayi pulang ke rumah langsung bawa akta kelahiran bayi yang baru lahir, Kartu Keluarga yang sudah ditambahkan nama bayi yang baru lahir dan Kartu Indentitas Anak,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo saat diwawancarai Salam Papua via telepon seluler, Senin pagi (26/4/2021).

Ia mengatakan, jika dalam pelayanan Lala Pu Kaka ada kendala teknis sehingga Akta Kelahiran, KK dan KIA belum bisa diserahkan saat orangtua dan bayi keluar dari RSUD Mimika atau Puskesmas Timika, maka petugas Disdukcapil yang akan mengantarkan Akta Kelahiran, KIA dan KK ke rumah warga.

“Jadi Disdukscapil benar-benar memberikan kemudahan kepada warga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam mekanisme program tersebut pihak Disdukcapil menempatkan petugas di RSUD Mimika dan Puskesmas Timika.

“Jadi di Puskesmas Timika ada satu petugas Disdukcapil dan di RSUD Mimika juga sama. Nanti begitu ada ibu yang melahirkan petugas langsung memproses administrasi kependudukan dari bayi yang baru lahir,” ujarnya.

Sementara itu, Humas RSUD Mimika, Lucky Mahakena ketika dihubungi via telepon seluler mengatakan bahwa setiap kali ada ibu yang melahirkan, petugas di bangsal mengirimkan data bayi dan orangtuanya kepada Humas RSUD Mimika. Setelah itu dilanjutkan ke petugas Dispencapil untik diproses Adminduk bayi.

“Jadi prosesnya dilakukan dengan cepat agar bayi bersama orangtuanya pulang membawa langsung Akta Kelahiran, KK dan KIA,” ungkapnya.

Hanya saja lanjut Lucky, dalam tahun 2021 ini program tersebut sedang terhenti di RSUD Mimika.

“Di 2021 ini lagi stag karena berkaitan pendanaan,” katanya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar