Tahun Ini Prioritas Nikah Massal di Wilayah Pesisir Mimika

Bagikan Bagikan
Foto Pasutri di Mimika yang resmi memiliki akta nikah pencatatan sipil melalui program nikah massal yang berhasil didokumentasi wartawan pada beberapa tahun silam (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Sebagaimana biasanya dalam rangka mendukung pelaksanaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika akan menggelar nikah massal.

Namun kali ini Nikah Massal diprioritaskan kepada masyarakat di wilayah pesisir, tidak bagi masyarakat di wilayah kota.

Sekretaris Disdukcapil Mimika, Lukas Tahitu yang ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (7/4/2021) mengungkapkan tahun ini pelayanan nikah massal meliputi 5 kampung di wilayah Distrik Mimika Tengah dengan target 100 pasangan Suami-Istri (Pasutri).

Lukas menjelaskan, Nikah massal bagi mereka yang sudah nikah gereja, tapi belum memiliki catatan sipil. Bagi masyarakat yang akan mengikuti nikah massal, dapat melengkapi berkas-berkas seperti keterangan nikah dari gereja asal, kartu keluarga (KK), akte kelahiran, kartu tanda penduduk (KTP), ijasah serta foto gandeng dari pasangan.

Dia pun memastikan pelaksanaan Nikah Massal yang akan digelar di Mimika Timur tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita akan koordinasi dengan pihak Distrik juga untuk menginformasikan hal ini kepada masyarakat. Kita sengaja lakukan di sana, karena selama ini kita selalu lakukan di kota. Dengan begitu masyarakat tidak berpikir program Pemerintah hanya untuk masyarakat di kota tetapi juga bagi masyarakat di wilayah pedalaman," ujarnya.

Pada tahun sebelumnya (2020), Dia mengungkapkan, Disdukcapil tidak melaksanakan nikah massal, sebab adanya pandemi covid-19. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar