Target Penerimaan PBB-P2 Tahun 2021 di Mimika Rp 57 Miliar

Bagikan Bagikan
Suasana kegiatan sosialisasi dan penyerahan SPPT-PBB P2 Mimika Tahun 2021 (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Target Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, Pedesaan dan Perkotaann (PBB-P2) di Kabupaten Mimika pada tahun 2021 ini sebesar Rp 57 Miliar lebih.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika, Dwi Cholifa kepada wartawan di sela-sela kegiatan sosialisasi dan penyerahan SPPT-PBB P2 Tahun 2021, di Hotel Horison Diana, Senin (12/4/2021).

“Dari kesuluruhan target ini khusus PT Freeport Indonesia target penerimaan PBB-P2 sebesar Rp 47 Miliar lebih. Sementara sisanya dari masyarakat umum,” terang Dwi.

Dikatakan, untuk target penerimaan bagi masyarakat umum terbesar dari lima distrik di wilayah Mimika yakni Distrik Mimika Baru, Wania, Mimika Timur, Kuala Kencana dan Distrik Iwaka yakni sebesar Rp 10.364.000.000.

“Jadi dari 18 distrik, target tersebesar dari lima distrik ini, kalau distrik lainnya targetnya hanya Rp 18 juta lebih,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, dalam kegiatan tersebut Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 hanya diserahkan kepada perwakilan Pemerintahan Distrik dari 5 distrik yang dimaksud.

Dikatakan dengan diserahkan SPPT PBB-P2, Pemerintah Distrik diharapkan dapat mengajak masyarakat lebih bersemangat membayar semua jenis pajak.

“Masyarakat harus terus digugah. Kepala distrik bisa memberikan inovasi dan arahan namun tetap berkoordinasi dengan Bapenda,” katanya.

Pelimpahan kewenangan ini bukan hanya menyerahkan SPP2 PBB-P2, tetapi juga memberikan biaya operasional untuk pegawai kelurahan yang bertugas membagikan SPPT PBB-P2.

“Pembagian SPPT-PBB ini dilakukan setiap hari Senin sampai Sabtu selama tiga Minggu. Jadwal mulai pembagian ditentukan pemerintah distrik dan kelurahan. Dalam pelaksanaan Bapenda terus mengawasi, monitoring dan evaluasi,” ungkapnya.

Dwi menambahkan, kegiatan sosialisasi dan penyerahan SPPT PBB-P2 itu merupakan amanah dari Peraturan Bupati Mimika nomor 12 tahun 2019 tentang pelimpahan sebagian kewenangan kepada kepala distrik untuk melaksanakan tugas pemerintah.

Pada kesempatan itu secara simbolis Dwi menyerahkan SPPT PBB-P2 kepada perwakilan dari 5 Pemerintah Distrik. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar