Terkait Kepastian Pengangkatan Honorer Jadi CPNS, Berikut Ungkapan Sekda Mimika

Bagikan Bagikan
Sekda Mimika, Michael Gomar (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Michael Gomar mengungkapkan, sesuai dengan kuota Pengangkatan CPNS dari Menpan-RB kepada Pemerintah Provinsi Papua sebanyak 20 ribu, sementara kuota yang diberikan untuk Kabupaten Mimika belum dapat dipastikan karena ditentukan oleh Provinsi.

"Syukur-syukur kita bisa dapat sampai 1.000 kuota, karena memang jumlah honorer di Kabupaten Mimika mencapai 3.975  honorer," ungkap Gomar.

Dia mengatakan, Pemkab Mimika tentunya harus mengambil langkah yang bijak dalam menentukan siapa yang akan diangkat menjadi CPNS, dan tidak membuat polemik baru karena tidak semua dari 3.975 tenaga honorer saat ini diangkat menjadi CPNS.

Pemkab Mimika akan mempertimbangkan honorer yang sudah lama bekerja, memiliki surat keputusan (SK) Bupati Mimika serta berusia di bawah 35 tahun dan telah mengikuti uji kompetensi yang telah dilaksanakan pada awal tahun 2021 yang lalu.

Sekda menerangkan, batas usia bagi CPNS maksimal 35 tahun, sedangkan tenaga honorer berusia di atas 35 tahun tidak diusulkan untuk pengangkatan CPNS.

"Pertimbangan ini yang akan menjadi penilaian bagi kami tim untuk melihat tahapan dan berkas dari setiap tenaga honorer dan dari hasil uji Kompetensi yang dilakukan. Kemarin kita sudah bisa melihat, dan dengan hasil itu kita akan melakukan asesmen untuk kebutuhan masing-masing OPD," ujarnya.

Namun Dia mengaku, bagi tenaga honorer yang berusia di atas 35 tahun, diprioritaskan untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Disamping itu, dengan jumlah tenaga honorer yang mencapai 3.975 sangat menguras anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Mimika.

"Tahun ini Pemkab menghabiskan anggaran sebesar Rp 147 miliar untuk membayar honorer. Jumlah Ini sangat besar untuk pembayaran honorer dan sesuai dengan instruksi Bupati, kita akan melakukan verifikasi kembali terhadap pegawai honorer," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar