UPBU Pastikan Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika Sisi Selatan Dioperasikan Juni Ini

Bagikan Bagikan
Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Unit Pelaksana Bandara Udara (UPBU) Mozes Kilangi Timika, Soekarjo memastikan terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan siap dioperasikan pada bulan Juni mendatang.

Soekarjo menuturkan, progres pembangunan gedung terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sudah mencapai 80 persen, akan tetapi masih ada beberapa fasilitas lain yang harus dilengkapi.

"Sudah hampir selesai, tetapi masih ada penunjang-penunjang lain yang harus kita lengkapi dulu untuk menjadi satu kesatuan operasi bandara," tutur Soekarjo, Kamis (29/4/2021).

Terkait terminal ini direncanakan akan dioperasikan pada bulan Mei ini, Soekarjo menjelaskan, paling cepat awal Juni 2021 sudah bisa dioperasikan, karena selain terminal yang masih dilengkapi, dari sisi apron atau tempat parkir pesawat juga masih harus dibenahi.

"Karena model yang akan digunakan adalah model nose in parking yang langsung dekat dengan gedung terminal, karena ke depan kita juga akan menggunakan garbarata sehingga kita harus membiasakan pilot untuk melakukan nose in parking," terangnya.

Sambungnya, pengoperasian terminal bandara Mozes Kilangin masih terbatas atau Shadow operation,  lantaran pengoperasian terminal Bandara masih menggunakan lantai dasar, belum  digunakan sepenuhnya termasuk lantai atas.

"Kita masih gunakan lantai dasar dulu, karena mau gunakan lantai atas berarti harus gunakan garbarata yang langsung menghubungkan terminal dan pesawat. Lantai dasar juga sudah kita siapkan ruang tunggu dengan segala perlengkapannya," ujarnya.

Diketahui, hal ini juga pernah disampaikan langsung Bupati Mimika, Eltinus Omaleng bersama para pimpinan OPD saat meninjau ke Bandara Mozes Kilangin Timika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar