UPTD BBU Pertanian Mimika Siap Dijadikan Area Percontohan

Bagikan Bagikan
Kadis Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Mimika, Alice Wanma saat memegang Anggrek  yang telah berhasil dikembangkan UPTD BBU Pertanian di Timika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Unggul (BBU) Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Mimika siap dijadikan sebagai area percontohan sekaligus uji coba pengembangan komoditi tanaman pangan.

"UPTD BBU ini kita siap jadikan sebagai area percontohan. Banyak tanaman yang berhasil di kembangkan BBU, dan kita terus kembangkan serta berikan contoh agar komoditi-komoditi yang ada bisa dikembangkan pula oleh masyarakat," ujar Kepala Dinas Tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura Kabupaten Mimika, Alice Wanma, pada Senin (26/4/2021).

Alice mengatakan, beberapa komoditi pertanian telah dikembangkan BBU, seperti Anggrek, Pisang Cavendish, jambu kristal, jeruk, durian, berbagai macam bunga, serta komoditi lainnya.

Beberapa komoditi yang masih menjadi target Dinas tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura untuk dikembangkan dan memang belum ada di Mimika, seperti Apel, Strawberry dan Anggur.

"Kita sementara upayakan untuk bisa kembangkan anggur di Timika. Yang kita mau kembangkan itu adalah anggur hijau, dan mudah- mudahan bisa,” katanya.

Disamping itu, BBU masih kekurangan tenaga untuk bisa meng-cover lahan yang begitu luas.

"Kita masih butuhkan tenaga, karena memang kita masih kekurangan tenaga di BBU. Tenaga kita hanya belasan dan ini tidak bisa untuk meng-cover lahan yang sangat besar," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar