Viral Video Polisi Buang Botol Miras ke Laut di Poumako, Kapolres Mimika Minta Maaf

Bagikan Bagikan
Cuplikan foto di akun lambe turah (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika, AKBP I Gusti GDE Era Adhinata menyampaikan permintaan maaf atas beredarnya video aksi anggota kepolisian yang membuang botol Miras ilegal ke laut di pelabuhan Poumako.

“Saya selaku Kapolres menyampaikan permintaaan maaf atas tindakan yang dilakukan oleh anggota saya yang telah membuang Miras ke laut, yang tentunya dapat mengganggu ekosistem di laut, dan untuk selanjutnya terkait temuan Miras hasil razia saya mengarahkan semua jajaran untuk membawa ke Polres Mimika untuk dimusnahkan di tempat yang tidak mengganggu lingkungan,” ungkap AKBP Era dalam rilisnya via WhatsApp, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengklarifikasi video yang tersebar luas hingga dikomentari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudji Astuti bahwa usai razia semua botol yang dibuang ke laut langsung diambil kembali bahkan botol-botol lain yang ada di bawah dermaga juga ikut dibersihkan.

Dijelaskan bahwa video yang beredar hingga ke admin Lambe Tura tersebut merupakan kegiatan razia masuknya Miras ilegal melalui pelabuhan di Mimika. Dimana, pada hari Sabtu tanggal 3 April 2021 pukul 16.30 WIT telah dilakukan Razia gabungan saat Kapal Penumpang KM Sirimau sandar di pelabuhan Mimika.

“Dari hasil razia tersebut ditemukan barang bukti Miras ilegal sebanyak 92 liter dalam kemasan Gen 5 liter, Aqua besar dan Aqua kecil, yang tidak diketahui pemiliknya dan selanjutnya ditumpahkan ke Laut namun demikian saya sudah arahkan Kapolsek untuk mengambil kembali botol-botol plastik  yang dibuang ke laut setelah melihat laporan kegiatan tersebut ternyata Kapolsek Poumako dan jajaran setelah kegiatan pembuangan Miras, setelah itu sudah menyewa kapal klotok masyarakat untuk membantu membersihkan botol plastik yang terbuang, Kapolsek juga memberikan bukti video dan foto waktu kegiatan pembersihan tersebut,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan razia tersebut adalah untuk mencegah masuknya minuman keras ilegal ke Kabupaten Mimika yang mana selain berbahaya untuk kesehatan juga menjadi sumber penyebab terjadinya kejahatan.

Langkah yang dilakukan Kapolsek pelabuhan Poumako membuang langsung Miras ilegal yang tidak diketahui pemiliknya ke laut awalnya adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan masuknya Miras ke Kabupaten Mimika.

“Untuk pencegahan masuknya Miras ilegal ke kabupaten Mimika saya minta untuk instansi terkait tetap jangan kendor terutama terhadap personel Polres Mimika dan kalau perlu ditingkatkan lagi dengan dilanjutkan pembenahan proses pemusnahan BB dengan cara yang tepat dan cepat,” tambahnya.

Diketahui, Akun Instagram Lambe Turah merupakan akun gosip terbesar Indonesia yang kerap menampilkan kejadian-kejadian unik dan aneh, baik kalangan selebriti, pejabat negara ataupun kalangan masyarakat. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar