200 KK Orang Asli Papua di Mimika Terima Bibit Babi Dari Dana Otsus

Bagikan Bagikan
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, Yosefina Sampelino mendampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Syahrial menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat penerima bibit babi (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan bantuan berupa bibit babi kepada 200 orang asli Papua (OAP) tahun 2021.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Mimika, Yosefina Sampelino menerangkan bahwa pemberian bantuan bibit babi didahulukan dengan sosialisasi dan pelatihan singkat sehingga bibit babi yang diberikan bisa dikembangkan.

"Sosialisasi ini selalu dilakukan sebelum bibit babi diberikan kepada masyarakat penerima bibit, dengan harapan bibit babi yang diberikan bisa dikembangkan untuk menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat," ungkap Yosefina, Senin (10/5/2021).

Bantuan bibit babi kepada masyarakat OAP tersebut bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) tahun 2021.

Bibit babi diberikan kepada 200 kepala keluarga yang tersebar di Distrik pinggiran kota dengan jumlah bibit babi sebanyak 400 ekor, satu KK menerima satu pasang bibit babi, dengan kebutuhan pembangunan kandang babi.

"Kita memang fokus berikan bibit babi kepada masyarakat yang ada di pinggiran kota," ujarnya.

Ia menilai, bantuan ternak babi yang diberikan kepada masyarakat sejauh ini 50 persen telah berhasil dikembangkan.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Syahrial yang membuka kegiatan sosialisasi tersebut mengingatkan masyarakat yang menerima bibit babi tersebut agar dapat mengembangkannya.

"Bantuan yang disalurkan pemerintah ini dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, oleh karenanya bibit yang diberikan dapat dikembangkan," Ujar Syahrial. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar