Alm. Klemen Tinal Dimakamkan Besok Senin, Wabup Mimika Sebut ‘Beliau’ Sosok Pemimpin yang Suka Merangkul

Bagikan Bagikan

Wabup Mimika, Johannes Rettob saat hadir di Pendopo Rumah Negara (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Jenazah Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal dimakamkan besok Senin (24/5/2021) secara militer.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat ditemui wartawan di Pendopo Rumah Negara, SP3 Timika tadi sore, Minggu (23/5/2021).

Dia mengatakan, besok Pukul 10.00 WIT akan dilakukan ibadat singkat untuk pelepasan jenazah di Pendopo Rumah Negara.

Ibadat pelepasan itu akan diawali dengan sambutan-sambutan baik dari pemerintah maupun keluarga.

Setelah itu jenazah akan diarak menuju Gereja GKII Jemaat Betlehem Elisabeth Tinal, Kuala Kencana, Mimika.

Di Gereja yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Papua, Alm. Klemen Tinal pada 23 Agustus 2019 lalu ini, akan dilakukan ibadah, kemudian jenazah dibawa ke pemakaman keluarga di SP3 Timika. 

“Pemakaman dilakukan secara militer, setelah itu ada rangkaian acara seperti penaburan bungan, peletakan karangan bunga,” ungkap Wabup John.

Ia mengungkapkan akan diatur sedemikian agar tidak semua masyarakat ikut ke gereja GKII Jemaat Betlehem Elisabeth Tinal karena kapasitas ruangan yang terbatas.

“Kita atur strateginya seperti apa agar masyarakat bisa menunggu di makam, tidak semua ikut ke gereja karena kapasitas ruangan yang terbatas,” ungkapnya.

Mengenang Alm. Klemen Tinal, menurut Wabup John,  Almarhum merupakan sosok pemimpin yang cerdas, penuh inovasi dan selalu berusaha untuk merangkul orang lain.

"Saya tahu persis sosok beliau karena saya salah satu yang pernah bersama beliau sejak masa kepemimpinannya di Kabupaten Mimika. Sejak saya pindah dari Kementerian Perhubungan ke Timika di saat masa kepimpinannya sebagai Bupati Mimika, kami selalu bekerjasama dengan baik," kenangnya.

Di mata mantan Kepala Dinas Perhubungan Mimika itu, Wagub Papua Klemen Tinal juga merupakan motivator yang baik.

"Beliau juga orang yang punya wawasan yang baik dan orang yang taat akan agama," ujarnya.

Dia mengungkapkan, sejak kepimpinannya, Almarhum selalu berusaha agar segala persoalan berjalan damai, baik itu persoalan kemanusiaan, sosial dan politik, harus diselesaikan dengan baik.

"Atas nama keluarga dan Pemerintah Kabupaten Mimika kami sangat kehilangan. Semoga beliau diterima di sisi kanan Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan dapat dikuatkan," tuturnya. (Yosefina/Jefri)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar