Dana Desa Tahun 2021 Terima Rp 1 Miliar, Kampung Tipuka MimikaTimur Gunakan Untuk BLT

Bagikan Bagikan
Kepala Kampung Tipuka, Ronny Urmami (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Kampung Tipuka, Distrik Mimika Timur, Ronny Urmami, Selasa (4/5/2021), mengungkapkan dana desa yang diterima Kampung Tipuka pada tahun 2021 sebesar Rp 1 Millar.

Ronny mengaku bahwa dengan dana sebesar itu, sesuai dengan instrumen pemerintah pusat, fokus DD untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19, sehingga digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT).

"Untuk pemulihan ekonomi kita berikan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada setiap kepala keluarga (KK) agar masyarakat bisa gunakan untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Ronny.

Dia mengatakan, setiap KK mendapatkan Rp 300 ribu perbulan, dimana jumlah KK sebanyak 260 dengan jumlah jiwa sebanyak 680 orang.

"Selain BLT, dana desa tahun ini juga kita gunakan untuk padat karya seperti pembersihan sungai dan membantu program stunting," ujarnya.

Ia menambahkan, banyak program yang direncanakan oleh Kampung Tipuka namun terkendala pandemi covid-19 karena sebagian besar dana desa digunakan untuk kebutuhan masyarakat dalam bentuk BLT, sehingga perencanaan tersebut ditunda.

"Sebelum pandemi (covid-19) kemarin kita sudah rencana untuk perluas gereja, pengadaan perahu dan mesin motor jhonson kepada masyarakat, tetapi karena situasi saat ini sehingga rencana itu harus ditunda lagi," terangnya.

Termasuk pembukaan lahan pertanian kepada masyarakat. Pembukaan lahan ini kata Ronny sudah pernah disampaikan kepada dinas teknis namun tidak ada jawaban.

"Pembukaan lahan ini kita rencana dikerjakan dalam bentuk kelompok. Kita sudah minta dukungan kepada dinas teknis tetapi sampai hari ini tidak ada jawaban," ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar