Disdik Papua Sebut Presentasi Kelulusan Siswa SMA Capai 96,63 Persen

Bagikan Bagikan

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
-  Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyebut persentase kelulusan SMA, SMALB dan Program Paket C tahun ajaran 2021 cukup tinggi. Angkanya, mencapai 96,63 persen. 

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan, peserta ujian sekolah tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 24.503 siswa yang tersebar di 414 satuan pendidikan. 

"Dari jumlah peserta ujian sekolah ini, yang lulus tercatat 23.677 siswa atau jika dipersentasekan 96,63 persen, dengan demikian maka tercatat 826 siswa yang merupakan peserta ujian di Provinsi Papua, tidak lulus ujian sekolah," kata Christian di Jayapira, Kamis, 6 Mei 2021. 

Menurut Christian, sesuai laporan dari satuan pendidikan dan dinas pendidikan kota/kabupaten, semua satuan pendidikan dapat melaksanakan ujian sekolah dan ujian pendidikan kesetaraan. Sedangkan, moda pelaksanaan ujian sebagian besar sekolah melaksanakan secara tatap muka dan sebagian lainnya menggunakan moda daring. 

"Dari 826 peserta didik yang dinyatakan tidak lulus disebabkan siswa sudah tidak aktif lagi sekolah, tidak mengikuti ujian sekolah dan beberapa siswa sudah meninggal dunia," ujarnya. 

Dia menjelaskan jika dibandingkan tahun sebelumnya, peserta ujian tercatat 20.068 siswa, yang lulus sebanyak 19.708 siswa atau sekitar 98,20 persen. Artinya, lebih tinggi tingkat kelulusannya pada 2020. 

"Jadi tercatat 460 siswa yang tidak lulus pada 2020, sehingga tahun ini ada penurunan sebesar satu persen untuk persentase kelulusan, di mana covid-19 juga menjadi salah satu penyebabnya," katanya. 

Dia menambahkan, pihaknya juga mengharapkan siswa yang sudah lulus dapat dibantu untuk mendaftar ke perguruan tinggi mengingat kini masih ada gangguan jaringan internet dan covid-19. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar