Dukung Percepatan SDM Unggul di Era Jokowi, KMDT Bentuk Pengurus di Berbagai Daerah Termasuk Mimika

Bagikan Bagikan

Foto bersama usai Rakernas KMDT tanggal 10 April 2021 lalu (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Kepengurusan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) akan dibentuk di Kabupaten Mimika.

Hal ini disampaikan Ketua Umum KMDT, Edison Manurung, dimana selaku Ketua Umum ia telah mengeluarkan mandat agar dibentuk juga pengurus Kabupaten Mimika serta di  Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Bahkan di luar negeri seperti di Amerika dan Australia telah diminta agar kepengurusan KMDT juga dibentuk. Namun, karena terkendala dengan adanya pandemi covid-19, sehingga pihaknya belum bisa secara marathon mengesahkan dan melantik.

“Rencananya bulan ini kita sahkan KMDT di Wamena dan langsung ke Timika untuk pelantikan Ketua dan pengurus DPD-nya termasuk di Jayapura yang rencananya akan dilakukan di kantor Gubernur. KMDT ini milik semua warga dan tidak terbatas,” kata Edison saat dihubungi Salam Papua via telepon, Minggu malam (9/5/2021).

Dia mengungkapkan, KMDT berdiri tanggal 29 September 2019 dengan tujuan untuk percepatan wisata Danau Toba dapat mendunia dan SDM unggul di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. KDMT hingga saat ini telah terbentuk di 8 Kabupaten kawasan Danau Toba sebagai DPD , DPW di Provinsi Sumatera Utara, Daerah Khusus serta Provinsi Riau.

Karena itu, untuk mendorong SDM, KMDT bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) dan Institut Teknologi Del milik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.  Kerja sama dengan UT dan Institut Teknologi Del (IT Del) ini mengingat visi KMDT sama dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menciptakan SDM unggul.

Karena itu di Provinsi manapun akan dibentuk KMDT, maka dirinya menegaskan harus memprioritaskan SDM unggul, mengingat sangat banyak anak-anak bangsa yang sangat pintar, tetapi tidak mampu melanjutkan kuliah, sehingga perlu didorong melalui KMDT.

“Itulah makanya KMDT ini harus ikut mendorong SDM. Yang mulia di UT dan IT Del itu ada juga yang orang Papua,” ujarnya.

Dia menambahkan, Rakernas pun telah dilaksanakan tanggal 9 hingga 10 April 2021 di Labersa Toba Hotel Belgia, Kabupaten Toba Sumatera Utara. Rakernas ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Saat  Rakernas juga digelar pameran UMKM dan Ulos yang ditampilkan oleh 8 Kabupaten sekawasan Danau Toba.

“Intinya KMDT ini ikut mendorong pengembangan Danau Toba mendunia dan mendorong SDM,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar