Emanuel Onawame, Putra Amungme yang Bertanding di Liga Profesional IBL Pertamax 2021

Bagikan Bagikan
Emanuel Onawame (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Mimika Tidak hanya mempunyai kekayaan gunung emas yang kemilau tapi banyak ‘mutiara hitam’ yang berprestasi di berbagai bidang.

Salah satunya Emanuel Onawame, putra asli Amungme yang ikut bertanding dalam liga basket profesional IBL Pertamax 2021 di Cisarua Jawa Barat.

Emanuel Onawame, darah asli Amungme saat ini berdomisili di Jakarta karena prestasinya yang gemilang di olahraga bola basket.

Kegemarannya di dunia olahraga ini sejak ia duduk di bangku SMP Lokon Santo Nikolaus Manado, Sulawesi Utara.

“Saya mulai ikut olahraga basket ini sejak saya sekolah di SMP Lokon. Di sana pihak sekolah mendatangkan pelatih yang profesional,” ungkap Emanuel saat ditemui Salam Papua di Waanal Coffee and Resto Timika, Sabtu (9/5/2021).

Di masa SMP itu, selain sibuk belajar untuk mengejar prestasi akademiknya ia juga selalu menyisihkan waktu mengasah bakatnya di bidang olahraga tersebut.

Berkat bimbingan dari pelatih profesional, putra bungsu dari Alm Yosep Onawame yang berasal dari Kampung Jila dan Irene Anggaibak dari Kampung Agimuga ini, bersama rekan-rekanya dari SMP Lokon yang tergabung dalam Losnito Basket Ball Club ini mengikuti ajang pertandingan basket bergengsi JRBL  di Manado.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMP Emanuel belum ingin meninggalkan Kota Manado.

“Kita selalu juara 1 dalam setiap musim. JRBL ini ajang bergengsi antar SMP di Manado,” kenang Emanuel yang mengaku saat ini berada di Timika karena sedang liburan.

Ia melanjutkan, pendidikan SMA di sekolah yang masih di bawah naungan Yayasan Lokon Nusantara Internasional, SMA Lokon Santo Nikolaus Tomohon.

Di sekolah itu, pria yang lahir di Timika pada 8 Januari 2000 ini giat mengasah bakatnya dan terus mengikuti pertandingan  pada ajang bergengsi.

“Saya dengan teman-teman dari SMA Lokon setiap musim ikut pertandiangan pada ajang DBL. Ini ajang bergengsi antar SMA di Manado, kami juara satu itu pada tahun 2017,” kata Emanuel.

Pria hitam manis lulus SMA dari tahun 2019 lalu saat ini bergabung dengan NSH Mountain Gold Timika, mengikuti Liga Profesional IBL Pertamax 2021 yang telah bergulir sejak 10 Maret 2021 di Robinson Cisarua Resort.

IBL menjadi liga olahraga profesional Indonesia pertama yang menerapkan sistem gelembung.

Pada musim itu setiap tim bermain sebanyak 16 pertandingan yang terbagi menjadi 4 seri, dan NSH Mountain Gold Timika gugur pada semi final.

Meskipun begitu Emanuel yang berada di posisi play maker pada liga profesional itu bersama timnya tetap semangat berlatih.

“Tim NSH Mountain ini sekarang berbasis di Jakarta, jadi saya sekarang tinggal di Jakarta untuk rutin mengikuti latihan,” ujarnya.

Walaupun serius menekuni dunia basket, Emanuel tetap ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

“Rencananya tahun ini mau kuliah, saya lagi pilih universitas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Emanuel berterimakasih kepada Perbasi Timika, karena saat mengikuti seleksi NHS Mountain Gold Timika ini ia bisa berangkat sebagai tim dari Perbasi Timika.

“Semoga Perbasi terus mencetak pebakset berprestasi untuk bertanding di ajang-ajang bergengsi maupun profesional. Banyak putra-putri Amungsa punya kemampuan di olahraga basket mereka bisa dilatih, dibina untuk menjadi pebasket yang hebat,” pesannya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar