Gelar Buka Puasa Bersama, KKSS di Mimika Ditekankan Menjunjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama

Bagikan Bagikan
Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kabupaten Mimika, Syamsuddin B bersama pengurus dan anggotanya foto bersama usai acara buka puasa bersama di Sekretariat BPD KKSS Mimika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kabupaten Mimika, Syamsuddin B mengatakan, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika siap membantu Pemerintah Daerah untuk menyukseskan pembangunan di Kabupaten Mimika.

Hal tersebut disampaikan Syamsuddin dalam sambutannya saat acara buka puasa bersama di Sekretariat BPD KKSS Mimika, Kompleks Masjid An-Nida, Jalan Hasanuddin, Perumahan Jasti, Jumat (30/4/2021).

“Insyaallah kami semua warga Sulawesi Selatan yang bergabung dalam KKSS Kabupaten Mimika ini mendukung sepenuhnya semua program kegiatan Pemerintah Kabupaten untuk membangun Mimika, dan juga mendukung rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah ini,” kata Syamsuddin.

Pada kegiatan yang dihadiri sekitar 800 orang itu, Syamsuddin mengucapkan terima kasih untuk Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob bersama istrinya Ny. Susi Retob, Staf Ahli Bupati, Andi Ramli Terru, Anggota DPRD Mimika Iwan Anwar,SE,MH dan Reddy Wijaya, perwakilan dari Polres Mimika, perwakilan dari ormas-ormas Islam di Kabupaten Mimika, Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustad H. Muh Amin, Ar. SAg, S.Pd, MM, Ketua FKUB Kabupaten Mimika, Ignatius Adii, dan para undangan yang sudah menghadiri acara buka puasa bersama yang digelar KKSS.

“Saya selaku Ketua KKSS Kabupaten Mimika mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir maupun tidak hadir. Kami adakan kegiatan ini atas nama Badan Pengurus KKSS Kabupaten Mimika sebagai ungkapan syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai hari ini masih memberikan kekuatan dan kesehatan,” katanya.

Ia berharap ke depan Kabupaten Mimika lebih kondusif, umat beragama di Mimika tetap menjujung tinggi toleransi antar umat beragama.

“Harapan kami lebih kondusif, lebih baik di tengah situasi pandemi (covid-19) ini. Tentunya kita saling mengingatkan, saling menjaga agar tetap hidup rukun dan damai,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam sambutannya berharap KKSS sebagai kelompok yang bisa menjadi panutan atau teladan bagi masyarakat lain serta tetap menjaga kerukunan dan kedamaian walaupun di tengah perbedaan.

KKSS juga diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam membangun masyarakat Mimika.

“Secara khusus membangun masyarakat Amungme dan Kamoro,” pesan Wabup John.

Dalam hikmah Ramadan, Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustad H. Muh Amin, Ar.SAg,S.Pd,MM mengatakanm ada 4 orang yang dirindukan surga yakni orang yang baca Al-Qur’an, menjaga lisan, memberi makan orang yang lapar dan menjalankan ibadan puasa.

“Bacalan Qur’an apalagi di Bulan Suci yang penuh berkah ini, jaga lisan jangan memperguncingkan orang, jangan berkata kotor, selalu berbagi berkah dan melaksanakan ibadah puasa, karena ibadah puasa ini selain ibadah badaniah kita menahan lapar, haus dan semua hawa nafsu, ibadah puasa ini juga hanya menjadi rahasia kita dan Tuhan,” ungkap Ustad H. Muh. Amin.

Hal senada juga dalam pesannya kepada seluruh warga Sulawesi Selatan di Kabupaten Mimika untuk tetap menjujung tinggi semangat toleransi antar umat beragama.

“Indahnya kita hidup di Mimika ini, walaupun kita bertetangga dengan saudara yang tidak seiman dengan kita tapi tidak terjadi gesekan, justru kita saling menopang,” ucapnya.

Dalam acara buka puasa yang dijaga Brigade Sultan Hasanuddin KKSS Mimika ini dilakukan juga penyerahan santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. (Yosefina)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar