Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Alm. Klemen Tinal, Bupati Mimika: Temanku, Selamat Jalan!

Bagikan Bagikan

Saat Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menjadi inspektur upacara pemakaman Wagub Papua Alm. Klemen Tinal (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepergian Almarhum Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, S.E,. MM meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Papua dan pemerintah Provinsi Papua.

Hal itu diungkapkan Doren Wakerkwa selaku Asisten 1 Provinsi Papua mewakili Gubernur Papua pada proses pemakaman jenazah Wagub Papua Almarhum Klemen Tinal, Senin (24/5/2021).

"Hari ini Papua berduka atas kepergian Wagub Papua Klemen Tinal, tetapi hari ini ia telah bangkit bersama para kudus bersamaan dengan perayaan Pentakosta," tuturnya.

Doren Wakerkwa menjelaskan meninggalnya Wagub Papua Klemen Tinal karena sakit.

Kepergian Wagub Papua Almarhum Klemen Tinal membuat semua orang bertanya-tanya dan heran, namun semua itu merupakan bagian dari rencana Tuhan yang tidak diketahui oleh manusia.

"Kami semua kaget mendengar kepergian beliau, tetapi kita tidak bisa berkata apa-apa karena itu merupakan bagian dari rencana Tuhan," ujarnya.

Sambungnya, Pemerintah Provinsi Papua benar-benar kehilangan sosok Klemen Tinal yang suka merangkul dan sang motivator.

Pemakaman jenazah Wakil Gubernur Papua Almarhum Klemen Tinal dilakukan secara kenegaraan.

Dalam upacara kenegaraan tersebut Bupati Mimika Eltinus Omaleng bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Bupati Omaleng juga mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas kepergian Wakil Gubernur Papua Almarhum Klemen Tinal yang juga merupakan teman masa kecilnya.

"Saya dan almarhum teman sejak kecil, kemana-mana kami selalu berdua, banyak cerita yang kami habiskan di masa kecil, kami juga punya banyak rencana dan (banyak yang) bisa terwujud, dan hari ini beliau telah dipanggil sang pencipta," ujarnya.

Bupati Omaleng mengatakan manusia boleh punya rencana namun rencana Tuhan tentu lebih baik dan kepergian Almarhum merupakan rencana Tuhan yang tidak bisa ditebak oleh siapapun.

Klemen Tinal di mata Eltinus Omaleng adalah sosok pemimpin yang terbaik, yang punya integritas serta komitmen hidup yang baik.

"Pemimpin yang terbaik telah dipanggil Tuhan, namun kita percaya pasti akan tumbuh seribu Pemimpin pengganti Almarhum dan siap melanjutkan pembangunan di tanah Papua," ungkap Omaleng.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mimika Eltinus Omaleng berusaha menenangkan keluarga besar Tinal agar tetap sabar dan kuat  menghadapi kenyataan ini.

"Temanku selamat jalan semoga diterima di sisi kanan Allah di surga," ungkap Bupati Omaleng sembari mengakhiri sambutan singkatnya.

Di samping itu, Trivena Tinal selaku adik kandung Almarhum mewakili pihak keluarga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga berlangsungnya proses pemakaman Almarhum Wagub Papua Klemen Tinal.

"Terimakasih untuk seluruh pihak yang telah membantu. Kami sekeluarga telah menyerahkan Kakak kami selaku Wagub Papua kepada Sang Mahakuasa. Kami tidak bisa berbuat banyak, hanya air mata dan kesedihan karena pulangnya Almarhum merupakan kehendak Tuhan, dan kami percaya di balik ini semua Tuhan telah punya rencana tersendiri," ujarnya sambil menahan air mata.

Dalam proses pemakaman tersebut dihadiri para pejabat Provinsi Papua serta para pimpinan daerah (Bupati) di Provinsi Papua.

Acara pemakaman jenazah Almarhum Wagub Papua Klemen Tinal diakhiri dengan tabur bunga, dan penyerahan Bendera merah putih serta foto Almarhum kepada pihak Keluarga oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng selaku inspektur upacara. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar