Jenazah Wagub Papua Almarhum Klemen Tinal Dimakamkan di Pemakaman Keluarga SP3 Mimika

Bagikan Bagikan

Alm. Klemen Tinal (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Jenazah Wakil Gubernur Papua, Almarhum Klemen Tinal, SE, MM akan dimakamkan secara militer di pemakaman keluarga, Jalan Cenderawasih SP3, Distrik Kuala Kencana, Mimika.

Protokol pemakaman yang dilakukan besok, Minggu (23/5/2021), menjadi tanggungjawab Kodim 1710/Mimika.

“Dalam pemakaman nanti Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan menjadi Inspektur Upacara,” ungkap Komandan Kodim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya kepada Salam Papua via pesan WhatsApp, Sabtu malam (22/5/2021).

Ia mengatakan, Kodim 1710/Mimika selaku Komando Garnizun melaksanakan beberapa kegiatan dalam rencana pemakaman jenazah Wakil Gubernur Papua yakni melaksanakan gladi penjemputan Jenazah di bandara, gladi persemayaman dan gladi pemakaman jenazah.

“Gladi sudah kami lakukan tadi pagi,” ujarnya.

Dikatakan, dalam pengamanan dilakukan Satuan TNI-Polri dan Satpol PP di area kediaman, Kantor Bupati Mimika, Kantor DPRD Mimika, Bandara Mozes Kilangin, Gereja GKII Kuala Kencana dan area pemakaman serta Pam rute.

“Kami sudah menyiapkan rencana upacara, personel untuk perangkat upacara sebagai pengusung peti jenazah, pasukan upacara dan pasukan salvo serta membantu pembersihan dan penyiapan kelengkapan di rumah duka,” ujarnya.

Latihan Pengangkatan Peti Jenazah di Pendopo Rumah Negara Mimika

Sementara itu untuk mekanisme pemberangkatan jenazah ke tempat pemakaman dimulai dari Pendopo Bupati SP3, karena Almarhum merupakan pejabat pemerintah yang masih aktif.

“Tempat persemayaman Jenazah di pendopo rumah negara sudah disiapkan antara lain tempat tidur jenazah dan tenda untuk undangan, keluarga serta masyarakat umum. Pasukan gabungan TNI, Polri dan Satpol PP sudah disiapkan dan akan digelar sesuai waktu dan titik yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui Alm. Klemen Tinal,SE,MM adalah Wakil Gubernur Papua aktif dan meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2021 di Jakarta yang diakibatkan Riwayat penyakit jantung koroner, diabetes militus dan kolesterol. Jadi, penyebab almarhum meninggal karena sakit.

Jenazah diterbangkan dari Jakarta ke Jayapura pada tanggal 22 Mei 2021 untuk disemayamkan selanjutnya akan diberangkatkan ke Timika pada tanggal 23 Mei 2021. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar