Masyarakat Kampung Mulya Kencana Manfaatkan Irigasi dan Mina Padi Untuk Budidaya Ikan

Bagikan Bagikan
Nobertus saat berada di tempat budidaya ikan air tawar yang dikelola masyarakat Mulya Kencana (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Masyarakat kampung Mulya Kencana Distrik Iwaka memanfaatkan saluran irigasi sebagai tempat pembudidayaan ikan air tawar untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi masyarakat.

Norbertus, salah satu pembudidaya ikan air tawar yang juga selaku ketua kelompok tani Karya Makarti Mandiri, pada Senin (17/5/2021) mengatakan, tidak hanya saluran irigasi yang dimanfaatkan untuk membudidaya ikan, namun masyarakat juga memanfaatkan mina padi.

Dia mengungkapkan, jenis ikan yang ada saat ini yang berhasil dibudidaya masyarakat adalah ikan mas, ikan gurami, ikan mujair, dan ikan nila.

“Kita sengaja manfaatkan saluran irigasi dan mina padi untuk budidaya ikan, dan sekarang kita sudah bisa panen ikan-ikan itu,” tutur Norbert.

Dijelaskan, harga ikan mas mencapai Rp 250 ribu per kilo, ikan gurami mencapai Rp 80 ribu perkilo sedangkan ikan nila dan ikan mujair Rp 70 ribu perkilo.

“Untuk sekarang memang kita belum mencari pasaran karena ikannya masih sedikit, tapi kalau memungkinkan kita akan kembangkan budidaya ikan ini, dan biasanya orang-orang datang untuk membeli ikan di sini,” terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar