Masyarakat Papua Usulkan Dana Otsus Dibagi Langsung Kepada OAP

Bagikan Bagikan
Foto bersama Tim Pansus Otsus dengan Tokoh Masyarakat dalam rapat kunjungan kerja pansus DPR RI Dapil Papua (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Masyarakat Papua mengusulkan dana otonomi khusus (Otsus) agar dibagi langsung dalam bentuk tunai kepada setiap Kepala Keluarga Orang Asli Papua (OAP).

Demikian diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI yang juga sebagai Ketua Tim Pansus RUU Otsus Papua, Yan Permenas Mandenas kepada wartawan di Timika, Selasa malam (4/5/2021).

Yan mengatakan, saat dalam kunjungan kerjanya untuk menyerap aspirasi masyarakat di wilayah Meepago, dirinya banyak mendapatkan masukan dari masyarakat dan kepala daerah di Papua terkait pelaksanaan Undang-undang Otsus nomor 21 tahun 2001. 

Salah satu aspirasi masyarakat yakni meminta agar dana Otsus tersebut diberikan langsung setiap bulan kepada setiap Kepala Keluarga (KK) orang asli Papua (OAP) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan biaya hidup lainnya.

“Ini justru lebih bagus, daripada Bansos yang arahnya tidak jelas karena melalui kelompok tertentu sehingga banyak warga yang tidak dapat. Jadi kalau dana Otsus ini dibagikan setiap bulan ke masing-masing KK OAP justru lebih baik untuk kesejahteraan OAP,” ujarnya.

Misalnya dana Otsus tahun sebelumnya sebesar Rp 1 triliun dibagi kepada 1,7 juta OAP di Papua, setiap KK mendapat Rp 10 juta, atau 1 KK Rp 5juta masih banyak sisa dana Otsus yang dikelola pemerintah untuk pembangunan sekolah dan lainnya,” ujar Yan.

Selain itu, lanjut Yan, perekonomian masyarakat pun bisa dikembangkan, karena pendampingan pemerintah daerah dana yang diterima bisa digunakan juga untuk modal bercocok tanam atau mengembangkan potensi lainnya.

“Memang tidak semuanya langsung berhasil tapi secara bertahap pasti ada perubahaan dalam masyarakat Papua karena menjadi target sasaran dari pembangunan Otsus. Karena tujuan Otsus adalah mensejahterakan masyarakat Papua,” ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar