Miras Masih Jadi Penyebab Utama Banyaknya Tindak Kriminal di Mimika

Bagikan Bagikan
AKP Roberth Hitipeuw (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Hingga saat ini, minuman keras (Miras) masih menjadi penyebab utama terjadinya aksi kriminal di Mimika.

Hal ini disampaikan Kabag Ops Polres Mimika, AKP Roberth Hitipeuw. Menurut dia, saat pelaksanaan patroli, yang sering ditemukan adalah orang-orang mabuk, baik di wilayah pelayanan Polsek Mimika Baru (Miru), Polsek Poumako, Mimika Timur serta Polsek Kuala Kencana. Semua kasus menonjol pun merupakan akibat Miras.

“Terjadinya perkelahian, curanmor, jambret dan yang lainnya itu rata-rata pelakunya dipengaruhi Miras,” tutur AKP Roberth, Jumat (28/5/2021).

Minuman keras yang dikonsumsi sangat banyak jenis termasuk minuman tradisional yaitu ballo. Khusus bulan Mei, indeks tindak pidana telah menurun. Hal ini karena intensnya patroli yang dilakukan, baik oleh tim Polres maupun di masing-masing wilayah layanan Polsek.

Untuk update Kamtibmas maupun patroli dikhususkan kepada Polres dan jajaran, yang ditingkatkan ialah tugas-tugas kepolisian dan salah satunya adalah Patroli. Giat patroli selama 1 x 24 jam sangat membantu terjaminnya suatu Kamtibmas yang aman dan nyaman di wilayah hukum Polres Mimika. Mulai dari Polres hingga Polsek lakukan patroli di saat jam rawan di semua tempat yang dianggap rawan, terutama di kompleks atau lorong-lorong yang sering terjadi suatu tindakan pidana.

“Tapi hingga hari ini, di bulan Mei ini suatu kejadian tindak pidana sangat menurun drastis. Patroli ini intens kita lakukan sangat mudah mendeteksi dini tindak kriminal yang akan terjadi maupun yang sudah terjadi sehingga kita mudah mengambil langkah-langkah. Intinya tiap kami patroli, itu yang paling banyak ditemukan adalah orang-orang mabuk,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa keberadaan Pos Peka sangat membantu kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.

“Jam rawan gangguan Kamtibmas itu mulai jam 1 malam sampai subuh. Makanya dengan adanya Pos Peka sangat membantu, sehingga begitu ada informasi, kami pun langsung turun,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar