Sampah Tertumpuk di Jalan Hasanuddin Timika yang Bukan Lokasi TPS

Bagikan Bagikan
Tampak seorang warga sedang menyeraki sampah mencari sisa-sisa makanan untuk makanan ternak di sekitar jalan Hasanuddin Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pemkab sudah menentukan lokasi-lokasi TPS di Kota Timika dan sekitarnya, namun tumpukan sampah masih tampak salah satunya di pinggir Jalan Hasanuddin yang bukan lokasi TPS.

Pantauan Salam Papua beberapa waktu belakangan ini sampai malam ini, Minggu (16/5/2021) sekitar Pukul 19.00 WIT, banyak sampah tertumpuk di pinggir Jalan Hasanuddin tepatnya di samping lorong masuk Hotel Ossa de Villa Timika.

Bahkan tampak juga warga menyeraki sampah tersebut untuk mengambil sisa-sisa makanan sebagai makanan ternak, sehingga sampah jadi berserakan. 

Pantauan wartawan media ini beberapa pekan sebelumnya sudah tidak ada tumpukan sampah di pinggir jalan tersebut, karena ada sejumlah Anggota Satpol PP yang menjaga di lokasi itu.

Akan tetapi belakangan ini penjagaan tidak lagi dilakukan sehingga warga kembali membuang sampah di situ.

Sebelumnya, Staf Bidang Teknis Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Reno Asmuru mengatakan, untuk penanganan sampah, tetap dibangun komunikasi dengan Dispol PP dan pihak distrik serta kelurahan. Perlu juga peran aktif dari seluruh masyarakat Mimika dan pelaku usaha untuk menjaga kebersihan daerah ini.

“Jadi untuk penanganan sampah ini merupakan tangggung jawab bersama dari pihak pemerintah, masyarakat umum, dan pelaku usaha untuk menjaga kebersihan kota ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan secara khusus tanggungjawab Pemkab Mimika dalam penanganan sampah yaitu Dispol PP mempunyai tugas mengawasi, menertibkan dan menegakan Perda nomor 11 tahun 2012. Dinas Lingkungan Hidup bertugas dalam pengelolaan sampah tingkat Kabupaten, Pemerintah Distrik melakukan pembinaan terhadap masyarakat mengenai pengelolaan sampah tingkat distrik. Sementara pemerintah di tingkat kelurahan melakukan pembinaan terhadap masyarakat mengenai pengelolaan sampah tingkat kelurahan.

Kemudian pihak RT dan RW tugasnya mengkoordinir dan membina warga untuk mengangkut dan membuang sampah ke TPS.

Lebih lanjut dijelaskan Perda nomor 11 tahun 2012 yang merupakan tugas Dispol PP untuk menegakannya tentang pengelolaan sampah.

“Dalam Perda itu sudah jelas ditegaskan pembuangan sampah harus dilakukan di TPS dan tidak boleh dilakukan setelah Pukul 06.00 WIT dan sebelum Pukul 18.00 WIT, dan sebagai warga Negara yang baik kita harus patuhi aturan ini,” ujarnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar