Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup Mimika Adakan 188 Sarana-Prasarana Penanganan Sampah

Bagikan Bagikan
Sejumlah gerobak sampah sudah tiba di Kantor DLH Kabupaten Mimika (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika mengadakan 188 sarana-prasarana untuk penanganan sampah di Kabupaten Mimika.

Demikian disampaikan Kepala DLH Kabupaten Mimika melalui Staf Teknis Bidang Persampahan, Reno Asmuru saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Selasa (11/5/2021).

Ia mengatakan, sumber dana pengadaan 188 sarana-prasarana tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Lingkungan Hidup dan APBD Mimika.

Sarana-prasarana yang diadakan menggunakan DAK Kementerian Lingkungan Hidup yakni 5 unit dumptruck, 5 unit truck armrol, kontainer 11 unit, gerobak 12 unit, dan motor 3 roda 12 unit.

Sementara pengadaan yang menggunakan APBD yakni motor 3 roda 14 unit, tong sampah 3R 119 unit, dan alat berat caterpilar exavator 320 GC 1 unit.

“Jadi sarana-prasarana yang diadakan tahun ini sudah tiba 12 unit yakni motor tiga roda enam unit dan gerobak sampah enam unit yang lain masih dalam proses pengiriman. Target kami Bulan Juni ini semua sudah tiba,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sarana-prasarana penanganan sampah khusus untuk motor tiga roda, gerobak sampah dan tong sampah akan dibagikan kepada kelurahan-kelurahan yang sudah memiliki tempat pembuangan sampah sementara, dan dana operasional untuk pengoperasian sarana dan prasarana tersebut. Namun khusus motor tiga roda sebagiannya menjadi armada untuk DLH dalam penanganan sampah yang dilakukan oleh petugas DLH.

“Yang akan dibagikan ke kelurahan-kelurahan itu motor tiga roda, tong sampah, dan gerobak. Tapi sebagian juga kami tambah untuk armada di DLH. Nanti sarana dan prasarana ini kita serahkan dulu ke distrik barulah pihak distrik yang salurkan ke kelurahan-kelurahan,” ujarnya.

Reno menyebutkan saat ini sarana-prasarana yang sudah lama ada di kantor DLH yakni 5 unit motor 3 roda dan akan ditambah lagi 7 unit untuk digunakan petugas penanganan sampah.

“Dalam kota ini ada 11 jalur jadi kami butuh 12 unit motor tiga roda. Kalau gerobak sampah kita bagi semua ke kelurahan,” tuturnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar