Terjadi 12 Tahun Sekali, Besok Malam Warga Timika Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total

Bagikan Bagikan
Kantor BMKG Stasiun Metereologi Mozes Kilangin Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Besok malam, Rabu (26/4/2021) pada Pukul 20.18.43 WIT, khusus untuk daerah Timika, warga bisa menyaksikan gerhana Bulan Total.

“Pada jam tersebut merupakan puncak dari gerhana bulan total atau fase totalitas bulan dimana bulan akan tampak dengan warna kemerahan,” ungkap Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Timika, Aji Supraptaji saat dihubungi Salam Papua via WhatsApp, Selasa malam (25/5/2021).

Ia berharap, besok tidak berawan agar gerhana bulan total atau dikenal pula sebagai Super Blood Moon bisa disaksikan dengan jelas.

“Mudah-mudahan dan semoga tidak berawan atau hujan, kalau itu terjadi kita tidak bisa melihatnya karena tutupan awan,” katanya. 

Menurut dia, proses gerhana bulan dimulai Pukul 17.46.12 WIT di mana piringan bulan mulai memasuki bayangan pengiring atau penumbra bumi.

“Penampakan bulan pada fase gerhana ini atau fase gerhana penumbra hanya sedikit meredup jika dibandingkan dengan purnama biasa,” ujarnya.

Ia menambahkan, gerhana bulan total ini untuk wilayah Indonesia terjadi 12 tahun sekali.

Adapun gerhana bulan total yang akan datang yang dapat diamati lagi di Indonesia akan terjadi pada 8 Oktober 2033.

“Gerhana bulan kali ini beriringan dengan terjadinya Perige, yakni ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. Uniknya gerhana bulan total yang terjadi besok ini yang bertepatan dengan Detik-Detik Waisak 2565 Budhis Era,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar