Tipu Distributor Minuman Ringan Hingga Rp 100 Juta, Ibu NI Terancam Dipenjara 4 Tahun

Bagikan Bagikan
Ibu NI sebelum diserahkan ke Kejari (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Seorang Ibu berinisial NI dilaporkan ke Polsek Mimika Baru (Miru) oleh salah satu distributor minuman ringan di Timika lantaran melakukan penipuan atau penggelapan uang sebesar Rp 100 juta lebih.

Modus penggelapan uang dilakukan NI dengan cara mengambil sejumlah jenis minuman ringan ke distributor dengan sistem mengutang dan dijual ke pedalaman dengan perjanjian akan dilunasi setelah  semuanya terjual. Boro-boro memberikan uang tunai, NI malah memberikan cek kosong kepada distributor, sehingga distributor pun kecewa dan melaporkan perbuatan NI ke Polsek Mimika Baru (Miru) tanggal 23 Maret 2020 lalu.

“NI dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara. NI mendatangi distributor dan mengutang sejumlah minuman ringan, dengan catatan akan dibayar setelah semuanya habis terjual ke pedalaman. Namun, setelah habis terjual, dia tidak bayar ke distributor dan malahan dia memberikan cek palsu. Saat korban mau cairkan, ternyata itu cek kosong,” ungkap Kapolsek Miru melalui Kanit Reskrim, Ipda Lexi Mediyanto, Jumat (28/5/2021).

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, berdasarkan hasil penyelidikan atas laporan korban, ibu NI langsung diamankan dan saat ini ibu NI dan berkas perkaranya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk selanjutnya disidangkan.

“Hari ini berkasnya sudah diserahkan ke Kejari untuk proses hukum selanjutnya,” ujarnya.

Informasi yang  dihimpun Salam Papua, NI juga telah sering melakukan penipuan serupa kepada distributor lainnya di Timika. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar