Untuk Pertama Kalinya SLB Negeri Timika Berhasil Menamatkan Anak Disabilitas

Bagikan Bagikan
Kepsek Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Timika, Sunardin (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Timika, Sunardin  mengatakan, di tahun 2021 SLBN Timika berhasil menamatkan salah satu anak yang berkebutuhan khusus atas nama Lynda (20) yang merupakan siswa tuna rungu.

Sunardin kepada Salam Papua menerangkan, penamatan siswa berkebutuhan khusus tersebut merupakan kali pertama sejak SLBN Timika dibuka.

“Tamatan tahun ini hanya ada satu siswa dari tingkat SMA, dan ini merupakan tamatan pertama, namun kita belum tahu pasti siswa tersebut bisa lanjut pendidikan ke perguruan tinggi atau tidak tergantung ekonomi keluarga,” ungkap Sunardin, Jumat (28/5/2021).

Sunardin melanjutkan, secara kemampuan dan keterampilan siswa tersebut mampu untuk melanjutkan pendidikan. Jika tidak, Sunardin menyarankan agar siswa tersebut dipekerjakan agar lebih mandiri.

“Sebelumnya siswa kami dengan kebutuhan khusus ini telah melaksanakan magang di salah satu perusahan di Timika, di mana hal itu untuk melatih siswa tersebut bisa mandiri kelak, dan hasilnya ada respon baik dari  pihak perusahaan,” terangnya.

Disampaikan, untuk mendukung agar siswa-siswi yang berkebutuhan khusus bisa mandiri, guru-guru lebih banyak mempraktikkan dan mengajarkan siswa-siswi untuk berwirausaha. Namun sayang, tenaga pendidik dan minimnya sarana prasarana menjadi kendala terbesar sehingga tidak banyak yang bisa diajarkan kepada siswa-siswi.

“Kita harap anak-anak disabilitas atau anak-anak yang berkebutuhan khusus di Timika juga diberikan ruang untuk bisa bekerja sehingga mereka bisa lebih mandiri. Kita harap ini juga menjadi perhatian pemerintah, karena anak-anak berkebutuhan khusus ini juga punya kemampuan hanya saja tidak ada ruang yang tersedia bagi mereka,” terangnya. (Jefri Manehat) 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar