Wabup Mimika: Peserta KIS Dikurangi, Pemkab Berupaya Kembalikan Pada APBD Perubahan

Bagikan Bagikan
Wabup Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., MM (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didanai APBD Mimika dikurangi 20.519 dari 28ribu jiwa sehingga hanya tersisa 7.481 jiwa, karena alokasi APBD Mimika untuk peserta KIS tahun ini dikurangi cukup banyak.

“Memang dikurangi cukup banyak karena alokasi APBD tahun ini untuk peserta KIS dikurangi,” kata Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM kepada wartawan, Kamis (6/5/2021) lalu.

Ia mengatakan, pihaknya akan berupaya agar di APBD Perubahan tahun ini bisa mengembalikan semua peserta KIS yang sudah dikurangi ini.

“Kita akan berusaha kembali pada APBD Perubahaan nanti atau mungkin bisa dibantu dari APBN atau dari mana saja sumbernya kita keroyokan, yang penting masyarakat Mimika bisa menikmati pelayanan kesehatan secara gratis,” ujar Wabup John.

Di samping itu, ketika ditanya Salam Papua, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, untuk pengurangan peserta KIS bukan menjadi wewenangnya.

“Itu bukan wewenang saya, tanggung jawab saya itu menyediakan layanan kesehatan dan tenaga kesehatan untuk masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Bagian Keuangan Kabupaten Mimika, Marthen Malissa menyebutkan bahwa pengurangan alokasi APBD Mimika 2021 untuk peserta KIS disesuaikan dengan validasi data dari BPJS dan Dinas Sosial.

“Di kurangi karena disesuaikan dengan validasi data dari BPJS Kesehatan dengan Dinas Sosial,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte, belum berhasil ditemui dan dihubungi Salam Papua.

Sekda Mimika, Michael R Gomar ketika ditemui tadi siang, Jumat (7/5/2021), menjelaskan bahwa belum bisa memberi tanggapan lebih jauh karena belum mengetahui data pengurangan peserta KIS tersebut.

“Saya belum tahu datanya jadi saya koordinasikan dulu dengan pihak terkait,” kata Gomar.

Sebelumnya diberitakan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika, Susan G Gasperz mengungkapkan peserta KIS umumnya Orang Asli Papua (OAP) yang selama ini didanai Pemkab Mimika sebanyak 28 ribu peserta sekarang sisa 7.481 peserta.

“Tahun 2021 ini sisa 7.481 peserta,” ungkap Susan.

Ketika ditanya terkait alasan pengurangan peserta KIS mencapai 20ribu lebih ini Susan menyarankan agar mewawancarai pihak Pemkab Mimika.

“Paling pas kalau ke Pemda dalam hal ini ke Pak Sekda atau Dinkes atau Dinsos,” ujarnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar