163 Calon Anggota Komcab Asal Mimika Dilepas Orangtuanya Dengan Deraian Air Mata

Bagikan Bagikan
Seorang ibu memeluk anaknya yang menjadi Calon Anggota Komcab Matra Darat dari Panda Kodim 1710/Mimka di Bandara Mozes Kilangin sisi Selatan sebelum berangkat ke Malang Jawa Timur (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 163 calon Anggota Komunitas Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun 2021 dari Panda Kodim 1710/Mimika, dilepas orangtuanya dengan berderai air mata untuk mengikuti latihan dasar kemiliteran di Malang, Jawa Timur.

Pelepasan dilakukan di Bandara Mozes Kilangin sisi selatan, Rabu pagi (16/6/2021).

Tampak mereka menangis berpelukan sebelum para calon Anggota Komcab masuk ke dalam ruang tunggu Bandara.

Sementara itu, di ruang tunggu Bandara dilakukan pelepasan secara resmi oleh Komandan Kodim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya.

162 calon Anggota Komcad tersebut berangkat ke Malang dengan menggunakan pesawat carter Lion Air didampingi oleh Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Farid Amran,S.H dan Mayor Cpm. Bagus Setyabudi.

Komandan Kodim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya saat melepas 163 Calon Anggota Komcab Matra Darat

Dalam pengarahannya Dandim berpesan agar selalu menjaga kekompakan, semangat, membuka wawasan selama mengikuti pendidikan/pelatihan, membuka komunikasi dengan calon anggota Komcad dari Pulau Jawa sebagai sesama putra Indonesia, menjaga kesehatan serta nama baik Papua.

"Adik-adik adalah orang terpilih yang mewakili Papua. Di sana kalian semua tidak akan membawa nama suku atau tanah kelahiran, tapi kalian semua akan membawa nama Papua, jadi tetap jaga kekompakan, kesehatan serta nama baik Papua. Torehkan prestasi dalam melaksanakan pelatihan serta harus percaya diri. Saya yakin adik-adik semua bisa, Papua adalah Indonesia, Indoneaia adalah Papua," kata Dandim.

Sesuai data yang dihimpun Salam Papua, calon Anggota Komcad ini terdiri dari 91 putra asli daerah Papua dan 72 orang non putra asli daerah.

Putra asli daerah Papua sebanyak 91 orang itu terdiri dari 74 orang dari Suku Kamoro, 1 orang dari Suku Damal, 1 orang dari Suku Moni, Biak 10 orang, Jayapura 1 orang, Merauke 1 orang, Muyu 1 orang dan Serui 2 orang.

Sedangkan, 72 calon Anggota Komcab non putra asli daerah Papua terdiri dari Jawa 7 orang, Toraja 5 orang, Kei 26 orang, Bugis 2 orang, Batak 1 orang, Ambol 12 orang, Dobo 1 orang, Makassar 2 orang, Maluku 3 orang, Manado 2 orang, Seram 1 orang,  Sunda 1 orang, Tanimbar 3 orang, Ternate 1 orang, dan NTT 6 orang.

Sebelumnya yang mendaftar menjadi Anggota Komcad sebanyak 288 orang namun setelah mengikuti serangkaian tes, hanya lolos 163 orang untuk mengikuti latihan dasar kemiliteran di Malang, Jawa Tmur selama 3 bulan. Kemudian nantinya akan dilantik menjadi Anggota Komcab Matra Darat untuk memperkuat pertahanan Negara. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88E titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88E titik com paling best ya guys...

    BalasHapus