288 Orang di Mimika Mendaftar Ikut Seleksi Komcad

Bagikan Bagikan
Seorang putra asli Papua saat mendaftar untuk mengikuti seleksi Komcab di Markas Koramil 1720-02/Timika (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 288 orang di Timika mendaftar pada seleksi penerimaan Komponen Cadangan yang dibuka oleh Kodim 1710/Mimika.

“Jumlah pendaftar sudah mencapai 288 orang. Ini cukup mengejutkan karena saat pendaftaran online dibuka pada Bulan Mei lalu justru hampir tidak ada yang daftar, namun setelah pendaftaran secara fisik dibuka pada tanggal 1-6 Juni 2021 di Koramil 1710-02/Timika, antusiasme masyarakat sangat tinggi,” kata Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya kepada Salam Papua via pesan WhatsApp, Minggu (6/6/2021).

Ia menyebutkan tingginya minat masyarakat untuk menjadi Komcad merupakan hasil kerja sama yang baik selama ini antara TNI dan media, sehingga pembukaan Komcad bisa tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

Berdasarkan jadwal yang sudah disusun, lanjut Dandim, seleksi administrasi dilaksanakan sejak tanggal 1 sampai 6 Juni 2021 kemudian dilanjutkan dengan seleksi kesehatan, kesamaptaan jasmani, penelitian personel dan psikologi yang berakhir pada tanggal 14 Juni 2021.

Bagi 200 calon peserta Komcad terbaik nantinya akan diberangkatkan ke Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya di Surabaya Jawa Timur untuk mengikuti pendidikan dasar kemiliteran selama 3 bulan.

“Proses seleksi Komcad ini dilakukan dengan sangat teliti, Tim dari Kodam XVII/Cenderawasih langsung turun dalam proses rekrutmen ini,” ungkap Yoga.

Ia menyampaikan Kepala Tim Pemeriksaan Administrasi (Katim Rik Min) Ajudan Jenderal Daerah Militer (Ajendam) XVII/Cenderawasih  mengambil ahli pelaksanaan tes pemeriksaan administrasi, dipimpin Mayor Caj Darman Hadi Sihombing dibantu staf personel Kodim 1710/Mimika, dan didukung oleh Pemkab Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pengesahan KTP, KK dan akte kelahiran.

Sementara pemeriksaan kesehatan dilakukan pihak  Kesehatan Kodam (Kesdam) XVII/Cenderawasih dibantu personel Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) TNI Angkatan Darat 17.08.02 Mimika.

Kemudian pemeriksaan jasmani dipimpin Katim Rik Jasmani Mayor Inf Agus Nugroho dibantu anggota Staf Operasional Kodim 1710/Mimika.

Selanjutnya tes penelitian personel dipimpin Pabanning Kodam dibantu oleh Pasi Intel Kodim 1710/Mimika beserta anggota sedangkan Psikotest dipimpin langsung oleh Katim Uji dari Dinas Psikologi Angkatan Darat Bandung. Rangkaian seleksi ini dilaksanakan di beberapa lokasi.

“Saya harap proses seleksi Komcad dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta dan bisa menjadi wadah pengabdian kepada Negara dan bangsa,” ucapnya.

Untuk diketahui seperti yang telah diumumkan pihak Kodim 1710/Mimika, syarat mendaftar pada seleksi Komcab yaitu warga negara Indonesia (WNI) berusia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi komponen cadangan.

Masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komponen cadangan di Komando Rayon Militer (Koramil) setempat.

Sehat jasmani dan rohani, serta tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Mahasiswa hingga ASN bisa mendaftarkan diri menjadi Komcad. Selesai pelatihan dapat kembali ke profesi masing-masing. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar